• Home
  • Pekanbaru
  • Sidak Polda Riau, Harga Bahan Pokok di Pasar Induk Pekanbaru Relatif Stabil

Sidak Polda Riau, Harga Bahan Pokok di Pasar Induk Pekanbaru Relatif Stabil

Jumat, 10 Mei 2019 | 15:27
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Satgas Pangan dari Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar induk yang berada di kawasan terminal Akap, Kota Pekanbaru pada Kamis 9 Mei 2019 tengah malam tadi.

Sidak dilakukan guna memastikan ketersediaan bahan pokok aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Selain itu, petugas juga mengecek harga Sembako untuk mengantisipasi potensi lonjakannya. Rata-rata, harga terpantau relatif stabil.

Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setyawan yang memimpin langsung Sidak ini, didampingi Kasubdit I AKBP Asep Iskandar mengatakan, fluktuasi Sembako di pasaran merupakan prioritas Satgas Pangan, terutama saat bulan puasa dan menghadapi lebaran nanti.

"Kita ingin mengecek dan memastikan stabilitas dan ketersediaan bahan pokok di pasaran. Memantau kondisi pasar secara langsung, terutama untuk bawang putih," kata Kombes Gidion. Bahkan dalam Sidak itu, Polda Riau juga mengikut sertakan Disperindag dan Bulog.

"Bisa kita lihat, hasil pengecekannya di mana harga kebutuhan pokok masih relatif normal. Aspek ketersediaannya juga memadai di Pasar Induk ini. Kita prediksi, ketersediannya pun sangat cukup untuk lebaran nanti," yakin Kombes Gidion.

Beberapa hari lalu, sejumlah bahan pokok sempat merangkak naik, namun dipastikannya, bahwa saat ini harga Sembako sudah kembali normal. "Sejak kemarin harga beberapa kebutuhan pokok mulai turun lagi, termasuk bawang putih," ulasnya.

Untuk bawang putih, harga di Pasar Induk dibanderol rata-rata Rp39.000 hingga Rp40.000. Ini jauh alami penurunan bila dibanding beberapa waktu lalu, di mana sempat mencapai Rp43.000 hingga Rp45.000. "Sudah turun harganya dan ada perbaikan," jelas Kombes Gidion.

Begitu pula untuk bahan pokok lainnya, semisal bawang merah hingga cabai. Kata Direktur Reskrimsus Polda Riau tersebut, untuk harga cabai masih dalam batas normal. "Harga cabai masih toleran dan stabil, ketersediaan juga baik," sebut dia.

Sidak ini berlangsung hingga Jumat 10 Mei 2019 dini hari. Satgas Pangan yang terdiri dari jajaran Direktorat Reskrimsus Polda Riau dan dinas terkait, mengecek satu persatu lapak pedagang, untuk memastikan harga dan ketersediannya.

Diketahui, pasar Induk kawasan terminal Akap Pekanbaru ini merupakan pasar sentral penyaluran Sembako. Bahan pokok di sini, kemudian dijual ke pasar-pasar lainnya khususnya di Kota Pekanbaru. (tnr)

Loading...
BERITA LAINNYA
Masjid Paripurna Program Prioritas Bagian Kesra .
Rabu, 20 November 2019 | 22:59
Satpol PP Pekanbaru Tertibkan Rumah Liar
Rabu, 20 November 2019 | 22:58
DPP Hentikan Operasi 33 Pangkalan Gas
Rabu, 20 November 2019 | 22:57
Pelepasan Tim Kolaborasi Monitoring Sosial Audit
Rabu, 20 November 2019 | 22:56
Perda Tidak Kejar Kuantitas, Tapi Kualitas
Selasa, 19 November 2019 | 13:16
BERIKAN KOMENTAR
Top