• Home
  • Pekanbaru
  • Keynote Speaker di IPR Jogja, Wagubri Bagikan Pengalaman Berkarir di Militer

Keynote Speaker di IPR Jogja, Wagubri Bagikan Pengalaman Berkarir di Militer

Senin, 08 April 2019 | 14:44
Wagubri hadiri LDK IPR Yogyakarta
YOGYAKARTA, RIAUGREEN.COM - Wakil Gubernur Riau Edy Nasution didaulat menjadi Keynote Speaker pada Latihan Dasar Kepemimpinan Ikatan Pelajar Riau (IPR) Yogyakarta Sabtu (6/4/2019), di desa Wisata Ledok Sambi Yogyakarta.

Wagub berbagi pengalaman dengan mahasiswa Riau yang berada di Yogyakarta. Mulai dari meniti karier di militer hingga diberi amanah menjadi Wakil Gubernur Riau.

Menurut Wagub Kepemimpinan adalah ilmu dan seni dalam rangka mempengaruhi orang lain agar orang lain itu mau secara sadar mengikuti apa yang kita inginkan dan tanpa merasa terpaksa.

"Dikatakan ilmu karena bisa dipelajari, dikatakan seni karena sangat tergantung, bagaimana setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda, dalam menerapkannya," ujar Wagub.

Untuk itu, dari beberapa azas yang sering dipergunakan didalam sebuah kepemimpinan, saya ingin mengadopsi azas kepemimpinan yang sering digunakan di lingkungan TNI. Apa itu azas-azas kepemimpinan di TNI ?

Terdapat 11 Azas kepemimpinan TNI di antaranya : Taqwa, Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, Waspada Pruba Wisesa, Ambeg Parama Arta, Prasaja, Satya, Gemi Nastiti, Belaka dan Legawa.

Wagubri juga mengatakan Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, seorang pemimpin harus dapat menjadi teladan bagi orang lain terutama orang-orang yang dipimpinnya. Karakter ini pulalah yang akan menentukan sukses atau tidaknya seorang pemimpin dalam berbagai aspek kehidupannya.

Ada dua belas (karakter pemimpin yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu : Berpendirian teguh, Jujur, Proaktif, Fleksibel, Komunikatif, berfikiran terbuka, Cerdas, Percaya diri, Antusias, Teratur, Evaluatif dan Penuh Penghargaan.

"Inilah beberapa karakter yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin jika dia ingin menjadi seorang pemimpin yang dihargai dan dihormati oleh setiap bawahannya," terang Wagubri.

Sebelum menyampaikan materi LDK, Wagubri berkesempatam mengunjungi asrama putra IPR Yogyakarta yang terletak di jalan bintaran tengah dan asrama putri Riau di Yogyakarta. (r1)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pemprov Riau Gesa Peleburan 3 Satuan Kerja
Kamis, 13 Juni 2019 | 17:43
BERIKAN KOMENTAR
Top