• Home
  • Pekanbaru
  • Dari 21 Pukesmas di Pekanbaru, Sudah 16 Terakreditasi

Dari 21 Pukesmas di Pekanbaru, Sudah 16 Terakreditasi

Senin, 11 Februari 2019 | 15:58
Foto Ilustrasi
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru tahun 2018 lalu, mengajukan akreditasi 8 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ke Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

"Alhamdulillah semua yang kita ajukan tahun lalu semuanya sudah terakreditasi," ujar Sekretaris Diskes Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Senin (11/2).

Zaini menjelaskan, dari 8 yang diusulkan 4 puskesmas diantaranya mendapat kategori akreditasi utama diantaranya Puskesmas Payung sekaki, Karya Wanita, Lima Puluh dan Rejosari. Sedangkan 4 puskesmas lainnya mendapat kategori madya yakni Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas Sail, Umban Sari dan Rumbai Bukit.

Meskipun proses penilaian dan survey dilakukan dalam waktu bersamaan untuk ke delapan puskesmas. Namun tim FKTP menetapkan akreditasinya secara bertahap.

Akreditasi yang dilakukan tim surveyor kebanyakan terkait implementasi dari dokumentasi yang telah dibuat sesuai dengan standarisasi. Kemudian sarana dan prasarana (Sapras) yang berpedoman dengan Peraturan Kementerian Kesehatan (Pemenkes) nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.

"Jadi dari 21 Pukesmas di Pekanbaru sudah 16 yang terakreditasi. Tahun lalu ada 8 dan sebelumnya ada 8 juga," tambahnya.

Sebagai informasi Tim surveyor dari FKTP penilaian yang dilakukan seputar fasilitas kesehatan, pelayanan, hingga ketersediaan tenaga medis. (kom)

BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top