BPTP Riau Latih Petani Mengolah Keladi

Jumat, 07 Desember 2018 | 12:07
Bimtek Pengolahan Keladi Ungu, Kegiatan Kaji Terap Inovasi Pertanian BPTP Riau
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Keladi ungu di Kecamata Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi berbagai produk olahan. Selama ini keladi masih dijual dalam bentuk umbi basah ke Sumut, Jambi bahkan ke Malaysia.

BPTP Riau berusaha mendorong petani dan masyarakat Sinaboi unt mengolah keladi ungu, salah satunya melalui Bimtek pengolahan keladi ungu" ungkap Fahroji yang mewakili BPTP Riau pada acara bimtek pengolahan keladi ungu di Sinaboi, Kabupaten Rokan HIlir Riau.

Acara bimbingan teknis pengolahan keladi (talas) diikuti sebanyak 40 orang peserta dari kelompok tani, Tim Penggerak PKK, tim inovasi kecamatan Sinabo, dan penyuluh ikut hadir.

Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, anggota DPRD Rokan Hilir, Bapedda, Disperindag, dan Camat Sinaboi.

Isa Ahmadi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir terus mengupayakan keladi ungu sebagai produk unggulan Kabupaten Rokan Hilir. Oleh karena itu diperlukan kerjasama semua pihak baik BPTP Riau, Dinas, DPRD maupun pihak swasta untuk menjadikan keladi ungu ini sebagai produk unggulan.

"Faktor utama keberhasilan program ini adalah kemauan dan usaha yang kuat dari petani karena petanilah yang akan menjalankan usaha ini," tambah Isa Ahmadi.

Isa berharap nantinya akan dihasilkan berbagai macam produk olahan talas yang bisa menjadi oleh-oleh ketika orang berkunjung ke Kabupaten Rokan Hilir. Kegiatan ini akan dilaporkan kepada Bupati Rokan Hilir untuk dapat ditindaklanjuti kedepannya.

Kegiatan bimtek ini dipandu langsung oleh Fahroji. Keladi ungu pertama kali dibuat tepung dengan cara yang sederhana. Tepung mudah disimpan dan dapat diolah
menjadi berbagai acam produk. Pada kesempatan ini dipraktekkan cara pembuatan bolu dan cookies dari tepung keladi ungu. (r1)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top