BNPB Kirim Satu Unit Heli MI-171 ke Riau

Jumat, 20 Juli 2018 | 10:21
Ilustrasi
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Khawatir Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau makin meluas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kirim helikopter jenis MI-171.

Tambahan satu unit heli MI-171 ini diharapkan, akan lebih bisa memaksimalkan pemadaman dari udara (water boombing) untuk menekan titik kebakaran di kawasan hutan dan lahan.

"Dengan tambahan satu unit heli MI-171 ini, diharapkan akan dapat memaksimalkan pemadaman Karhutla yang terjadi dibeberapa daerah di Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, Kamis (19/7/18).

Heli buatan Rusia ini sendiri tiba sekitar pukul 13.00 WIB, siang tadi. Sejumlah jajaran yang tergabung dalam tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla pun turut menyambut kedatangan heli MI-171, yang nantinya diperuntukan untuk kegiatan water boombing.

Ada pun pengoperasiannya, kemungkinan baru besok akan dimulai. Dengan hadirnya heli MI-171 ini di Pekanbaru, menambah jajaran armada yang sebelumnya lebih dulu didatangkan.

Seperti heli bell 430 patroli yang diperuntukan kegiatan patroli. Kemudian bell 214, satu unit jenis sikorsky serta dua jenis kamov masing-masing heli bantuan dari BNPB ini diperuntukan untuk kegiatan water boombing. Sedangkan heli bell 412 bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), diperuntukan untuk kegiatan patroli.

Sebagai informasi tambahan, selain heli bantuan dari BNPB dan KLHK tersebut, perusahaan swasta Sinarmas Forestry juga turut berperan dalam pemadaman dari jalur udara tersebut, yakni heli jenis Super Puma.

Sementara dari jalur darat, khusus hari ini tim inti RPK darat Sinarmas Forestry juga turut berpartisipasi mengirim 97 orang yang dibagi dalam 10 regu untuk melakukan pemadaman bersama, TNI, Polri, mangga agni di daerah Dumai. (mcr)

BERITA LAINNYA
Dipanggil Bawaslu Riau, Bupati Rohul Datang
Jumat, 19 Oktober 2018 | 16:42
BERIKAN KOMENTAR
Top