• Home
  • Pekanbaru
  • Plt Gubernur Riau Pimpin Upacara HUT Sapol PP dan Satlinmas Tahun 2018

Plt Gubernur Riau Pimpin Upacara HUT Sapol PP dan Satlinmas Tahun 2018

Senin, 16 April 2018 | 11:50
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), Wan Thamrin Hasyim, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-68 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-56 di halaman kantor Gubernur Riau, Senin (16/4).

Tema yang diambil dari hari jadi Satpol PP ke 68 dan juga Satlinmas ke 56 kali ini adalah "Satpol PP dan Satlinmas  siap mengawal Pilkada serentak 2018"

Dalam amanatnya Plt Gubri membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri, dengan  mengatakan bahwa,  Satpol PP dan Satlinmas adalah sebagai aparat yang menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayah demi menjaga stabilitas dan keamanan menjelang pesta demokrasi di daerah.

"Terkait hal ini, saya anggap terdapat relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Perda, penyelenggaran ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat," ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, Satlinmas memiliki tugas pokok dan fungsi diantaranya, membantu menjaga ketentraman dan ketertiban umum pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada, baik sebelum, pada saat maupun setelah pelaksanaan pemungutan suara. Tugas lain dari Satlinmas, terangnya membantu penanggulangan bencana serta tugas sosial kemasyarakatan lainnya.

"Kami berharap, seluruh jajaran Satuan Pol PP dan Satlinmas senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan di daerah masing-masing,"Tambahnya

Dalam sambutan tertulisnya Mendagri juga menjelaskan bahwa, Satpol PP dan Satlinmas merupakan Aparatur Sipil Negara yang dituntut bertindak netral sesuai Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara.

Di sisi lain, sebagai perencana, pelaksana, dan penyelenggara tugas umum pemerintahan dalam peran nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik KKN.

"Satpol PP harus meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dengan Bawaslu, KPU, Kesbangpol, TNI dan Polri untuk menyukseskan Pilkada 2018 di wilayah masing-masing".Tutup Plt Gubri. (mcr)
 

BERITA LAINNYA
BNPB Kirim Satu Unit Heli MI-171 ke Riau
Jumat, 20 Juli 2018 | 10:21
Buruh Chevron Riau Demo Ancam Mogok Kerja
Kamis, 19 Juli 2018 | 15:33
Kontingen SOIna Riau Resmi Dikukuhkan Gubri
Kamis, 19 Juli 2018 | 14:00
Bulan Depan Tatib DPRD Riau Sudah Disahkan
Rabu, 18 Juli 2018 | 12:01
BERIKAN KOMENTAR
Top