• Home
  • Pekanbaru
  • Januari-Maret 2018, PN Pekanbaru Sudah Tangani 97 Perkara

Januari-Maret 2018, PN Pekanbaru Sudah Tangani 97 Perkara

Minggu, 15 April 2018 | 17:46
Humas Pengadilan Negeri Pekanbaru, Martin Ginting
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM Maraknya peredaran narkoba sudah menjadi ancaman besar bagi bangsa Indonesia, terutama bagi generasi muda bangsa. 

Beberapa pengungkapan beberapa bulan belakangan ini tak tanggung-tanggung mencapai puluhan kilo  yang diselundupkan dari negara asing.

Tak hanya itu, jumlah tersangka penyalahguna narkotika juga kian meningkat. Salah satunya kasus narkotika yang ditangani di Pengadilan Negri Pekanbaru pada triwulan pertama Januari Maret 2018 sudah mencapai 97 perkara dari total 320 perkara.

Melalui Humas Pengadilan Negeri Pekanbaru, Martin Ginting mengatakan kepada riaugreen.com, Kamis (12/4/2018) jika dilihat pada tahun 2017 lalu, kasus narkoba yang ditangani oleh Pengadilan Negri Pekanbaru sebanyak 396 kasus dari 1.156 kasus yang dipersidangkan.

Hal ini menunjukan bahwa penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat sudah semakin meningkat. Apalagi narkoba tidak hanya merugikan sumber daya manusia (SDM) atau generasi muda anak bangsa, melainkan merugikan keuangan negara.

"Meningkatnya kasus narkoba ini, membuat negara semakin rugi, tidak hanya merusak SDMnya saja, melainkan merugikan keuangan negara. Karena negara menanggung mulai biaya persidangan sampai biaya makan narapidana selama menjalani masa tahanannya di penjara," terang Martin Ginting.

Menurut Martin Ginting, situasi seperti ini, pihak bersangkutan harus banyak melakukan upaya pencegahan, tidak hanya penindakan di lapangan saja. Maka lakukan upaya prefentif dalam menekan angka penyalahguna narkoba ini.

Tak hanya itu, Martin Ginting juga berharap kepada pemerintah untuk turut serta menangani persoalan narkoba ini untuk menyelamatkan para generasi muda Indonesia. Jangan sampai narkoba mengobrak abrik ketahanan bangsa dan menjadi sasaran transaksi bagi negara-negara luar.

"Jadi memang sudah saatnya pernyataan perang terhadap narkoba itu diwujudkan," kata Martin Ginting menutup keterangannya. (yo)

BERITA LAINNYA
BNPB Kirim Satu Unit Heli MI-171 ke Riau
Jumat, 20 Juli 2018 | 10:21
Buruh Chevron Riau Demo Ancam Mogok Kerja
Kamis, 19 Juli 2018 | 15:33
Kontingen SOIna Riau Resmi Dikukuhkan Gubri
Kamis, 19 Juli 2018 | 14:00
Bulan Depan Tatib DPRD Riau Sudah Disahkan
Rabu, 18 Juli 2018 | 12:01
BERIKAN KOMENTAR
Top