• Home
  • Pekanbaru
  • Dicopot Jelang Pilgubri, Ini yang Gantikan Ketua PDIP Riau

Dicopot Jelang Pilgubri, Ini yang Gantikan Ketua PDIP Riau

Sabtu, 14 April 2018 | 14:40
Kordias Pasaribu
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Riau Kordias Pasaribu dicopot dari jabatannya menjelang pemilihan Gubernur Riau 2018. Pemberhentian Kordias diduga karena adanya persoalan internal di tubuh partai berlambang banteng itu.

Pemberhentian Kordias diperkuat dengan terbitnya surat tugas dari DPP PDI Perjuangan Nomor 1888/ST/DPP/IV/2018, tanggal 11 April 2018, tentang penunjukan pimpinan sementara Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. DPP PDI Perjuangan menunjuk Ketua DPP Bidang Kemaritiman Rokhmin Dahuri sebagai pelaksana harian (Plh) untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan partai.

Dalam surat itu, DPP PDI Perjuangan juga memerintahkan dua kadernya, Hotman Manurung dan Ian Siagian, membantu tugas-tugas pelaksana harian menyelesaikan persoalan internal partai.

Hotman Siagian membenarkan adanya perintah DPP melalui surat tugas itu. "Iya, benar, surat itu terbit tanggal 11, kemarin," kata Hotman, Jumat, 13 April 2018.

Hotman tidak menjelaskan pokok persoalan internal partai yang berujung diberhentikannya Kordias. Ia beralasan pembebastugasan Kordias merupakan hal yang biasa terjadi dalam organisasi untuk penyegaran. Yang jelas, kata Hotman, ia bersama dengan rekannya, Ian Siagian, ditunjuk untuk membantu tugas Plh menyelesaikan persoalan internal partai itu.

Mereka juga ditugaskan untuk melaksanakan konsolidasi partai dalam rangka menyukseskan dan memenangkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang diusung PDI Perjuangan pada pilkada serentak 2018.

Hotman mengklaim pergantian pimpinan sementara itu tidak bakal mengganggu kinerja partai memenangkan calon gubernur yang diusung dalam pilkada 2018. Pada Pilgub Riau, PDIP mengusung gubernur inkumben Arsyadjuliandi Rachman dan kadernya, Suyatno, sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. "Justru lebih bagus, supaya lebih serius dalam upaya pemenangan," ucapnya.

Kordias Pasaribu belum dapat dikonfirmasi terkait dengan hal ini. Kordias tidak menjawab panggilan telepon. (*/rdK)


TEMPO



BERITA LAINNYA
Dipanggil Bawaslu Riau, Bupati Rohul Datang
Jumat, 19 Oktober 2018 | 16:42
BERIKAN KOMENTAR
Top