• Home
  • Pekanbaru
  • Sah, Ustaz Abdul Somad Ditabali Gelar Adat Datuk Seri Ulama Setia Negara

Sah, Ustaz Abdul Somad Ditabali Gelar Adat Datuk Seri Ulama Setia Negara

Selasa, 20 Februari 2018 | 13:02
Sekda Prov Riau H Ahmad Hijazi, memberikan Tepung Tawar saat Penganugerahan Gelar Adat Melayu Riau Datuk Seri Ulama Setia Negara kepada Tuan H. Abdul Somad, Lc, MA, di Balai Adat LAM Riau
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Ustaz Abdul Somad (UAS) mendapat penabalan gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau sebagai Datuk Seri Ulama Setia Negara pada Selasa (20/2/2018).

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Al Azhar mengatakan, bahwa gelar adat bagi Ustaz Abdul Somad ini merupakan gelar adat LAMR pertama yang diberikan kepada seorang ulama.

Yang mana, selama ini LAMR hanya memberikan gelar adat bagi kelompok-kelompok birokrat yang dianggap menaruh perhatian dan berdedikasi tinggi terhadap kebudayaan Melayu dan agama islam.

"Ini merupakan gelar adat pertama yang diberikan kepada seorang ulama dan ulama tersebut Ustaz Abdul Somad. Ia pantas menerima gelar adat ini karena telah berperan penting dalam menyiarkan agama islam dan memegang teguh adat-istiadat Melayu. Bahkan, ia sudah mendunia dan dikenal di mana-mana membawa nama baik Riau yang identik dengan nuansa agama islam," papar Al Azhar di Balai Adat LAMR, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Hal yang senada pun diungkapkan oleh tokoh masyarakat Riau, Azlaini Agus yang menyakini bahwa penabalan gelar adat bagi ulama ini akan menjadi awal atas apresiasi LAM tidak hanya diberikan kepada kelompok birokrat saja tapi juga bagi ulama.

"Ini juga akan memicu generasi muda untuk menekuni dan bersemangat menjadi da'i. Sebab, Riau ini merupakan daerah yang menjunjung tinggi ajaran agama islam dan tunjuk ajar Melayu. Sebagaimana yang kami lihat, bahwa Ustaz Abdul Somad telah istiqomah menjadi ulama umat dan mengangkat harkat martabat masyarakat Riau," ungkap Azlaini Agus.(mcr)


BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top