• Home
  • Pekanbaru
  • Pekan Raya Biologi 2018 Se-Riau Kepri Resmi Dibuka

Pekan Raya Biologi 2018 Se-Riau Kepri Resmi Dibuka

Selasa, 23 Januari 2018 | 13:55
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau kembali mengadakan acara Pekan Raya Biologi 2018. Pembukaan Pekan Raya Biologi berlangsung selama sepekan ini, mulai 22-27 Januari 2018 dengan tema "Menuju Generasi Muda Indonesia Berkarakter".

Dimana pesertanya siswa/i SMP dan SMA se-Riau dan Kepri serta mahasiswa seluruh Indonesia yang dilaksanakan di beberapa tempat, seperti Gedung Aula Serba Guna, ruang kelas dan Micro Teaching. Agenda yang mencakup wilayah se-Riau dan Kepulauan Riau ini menyajikan serangkaian perlombaan, seperti: Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA); Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA); Cepat Tepat (SMP-SMA); Bio Expo School Competition (SMP-SMA); Mading 3D (SMP-SMA); Fotografi (SMA); Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah (SMA); Melukis (SMP) serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional bertemakan tingkat mahasiswa se-Indonesia. Berbeda dari Pekan Raya Biologi tahun lalu, pada Pekan Raya Biologi 2018 terdapat cabang lomba terbaru yaitu Melukis tingkat SMA dan Fotografi tingkat Mahasiswa.

Pembukaan PRB dihadiri oleh beberapa petingi, yaitu Koordinator Prodi Pendidikan Biologi, Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd. Selain itu, perwakilah dari Walikota Pekanbaru, datang juga menyampaikan kata sambutan yaitu Asisten 1 Wakil Walikoa Pekanbaru, Drs. Azwan, M.Si. Tak lupa, Rektor Universitas Riau yang dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Rektor 2 yaitu bapak Prof. Dr. Sujianto, M.Si. Kemudian Kepala Bagian Litbang, Dra. Arbaini, M.T an Dekan FKIP Unri sekaligus membuka acara, Prof, Dr H M Nur Mustafa, M.Pd.

Dalam kata sambutannya, Asisten Wako Pekanbaru menyampaikan kekagumannya terhadap semangat jiwa muda pelajar Indonesia untuk terus belajar. 
"Melalui kegatan ini, tentunya dapat menjadi ajanguntuk bisa berprestasi. Untuk itu, sportif dan manfaatkanlah sebai mungkin," ujar pak , Drs. Azwan, M.Si saat menyampaikan kata sambutannya. 

Selain menampilkan berbagai macam cabang perlombaan, Pekan Raya Biologi 2018 juga menghadirkan Seminar Nasional beremakan "Membentuk Generasi Berkarakter melalui Revolusi Mental dalam Pendidikan IPA". 

Tidak tanggung-tanggung, 2 pemateri sekaligus didatangkan dari luar Universitas Indonesia, yaitu Bapak Prof. Dr. Ari Widodo, M.Ed, bidang keahlian Pendidikan Sains Universitas Pendidikan Indonesia, serta Bapak Dr. Hasruddin, M.Pd, bidang keahlian Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Kedua Keynote speaker ini telah datang dakn ikut terlibat juga dalam Pembukaan PRB 2018.

Pelaksaaan Seminar Nasional ini dilatarbelakangi oleh keberadaan Pendidikan Karakter Bangsa telah menjadi Naacita Presiden Joko Widodo. Dalam Nawacita Nomor 8 disebutkan bahwa kita harus melakukan : "Penguatan Revolusi Karakter Peserta Didik sebagai Bagian dari Revolusi Mental". Agenda ini sangat perlu karena saat ini tampak adanya kecenderungan kondrisi degredasi, moralitas, dan budi pekerti pada bangsa.

Ditahun ini, Seminar Nasional dalam Pekan Raya Biologi 2018 menghadirkan 4 sub tema yang akan diseminarkan, yaitu :

1. Pengembangan Karakter Bangsa melalui Pembelajaran IPA,
2. Literasi Sains,
3. HOTs (Higher Order Thinking skill), dan
4. Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal.

Seminar Nasional kali ini memiliki 5 sasaran peserta, yaitu Dosen, Praktisi Pendidikan, Guru, Mahasiswa,dan Pemakalah. 

Koordinator Proram Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd menuturkan dalam pelaporannya bahwa pembangunan berkelanjutan sangat penting dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan disegala bidang. "Pendidikan merupakan unsur paling esensial dalam kehidupan kita, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas dan inovasi untuk terus mengembangkannya agar mampu mencapai tujuan dari pembangunan Indonesia berkelanjutan itu sendiri, sesuai dengan SDGs 2030", tuturnya. Dhea Oktama Rivaldo selaku Ketua Pelaksana Pekan Raya Biologi 2018 juga membenarkan pernyataan tersebut, " Dalam konteks pembangunan Indonesia berkelanjutan,dibutuhkan banyak ide-ide kreatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu terutama dalam bidang pendidikan. 

Dalam 5 hari kedepan, Pekan Raya Biologi 2018 akan berlangsung berbagai macam cabang lomba, seperti Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA); Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA); Cepat Tepat (SMP-SMA); Bio Expo School Competition (SMP-SMA); Mading 3D (SMP-SMA); Fotografi (SMA); Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah (SMA); Melukis (SMP) serta lomba lainnya. 

Untuk itu, ayo persiapkan dirimu dalam mengikuti  Pekan Raya Biologi 2018. Tunjukkan prestasi, kemampuan diri dan kepedulianmu melalui Pekan Raya Biologi 2018. "PRB 2018 - Scientist Muda, Cerdas Berkarya!!" ( Report by Risma Widia).

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : 
Dhea Oktama Rivaldo (085289887514 )
Indah Aida Fatihah (085296041998)
Dan kunjungi kami di fanpage : ekan Raya Biologi 
Twitter : @PRBFKIPUR
 Instagram : pekanrayabiologiur
e-mail : pekanrayabiologi@gmail.com
Wordpress : pekanrayabiologi.wordpress.com


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top