• Home
  • Pekanbaru
  • Berpotensi Rawan Konflik, KPU Diminta Fokuskan Pengawasan di Daerah Perbatasan Riau

Berpotensi Rawan Konflik, KPU Diminta Fokuskan Pengawasan di Daerah Perbatasan Riau

Rabu, 17 Januari 2018 | 22:15
Ilustrasi@kemendagri
RIAUGREEN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau telah memetakan daerah-daerah yang dinilai berpotensi atau rawan konflik saat pelaksanaan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) mendatang. Karena itu, KPU diminta fokus di daerah tersebut.

"Di antaranya adalah daerah perbatasan. Di sana terjadi saling klaim antara satu daerah dengan daerah lain," lkata Ketua Bawaslu Rusidi Rusdan menjawab pertanyaan wartawan di kantornya, Rabu (17/1/2018).

Bawaslu meminta KPU betul-betul memfokuskan perhatian pada daerah-daerah tersebut, baik yang berpotensi terjadinya sengketa mau pun rawan dengan data pemilih ganda. 

Bawaslu sendiri dalam hal ini memiliki program jelajah pengawasan DPT. Di mana dalam program ini Bawaslu betul-betul menyisir daerah-daerah yang pernah terjadi masalah tersebut.

Terkait sengketa batas wilayah kabupaten, seperti Rokan Hulu dengan Kampar yang sudah selesai di tingkat Mahkamah Agung, Bawaslu juga berharap agar pemilih yang tinggal di Rokan Hulu bisa diakomodir dalam Juknis untuk memilih di Kampar, sebagaimana yang diputuskan MA terkait persoalan batas wilayah. 

"Di sini kita minta KPU tegas, jangan lagi setiap Pemilu menjadi persoalan," kata Rusidi Rusdan.

Sebenarnya, menurut Rusidi, tidak banyak daerah yang perlu untuk difokuskan. "Bahkan bila perlu anggota KPU tinggal stay di situ untuk menyelesaikannya," tukasnya.(frc)


BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top