• Home
  • Pekanbaru
  • Dua Balon Gubernur Riau Diprediksi Gugur Karena Tak Dapat Perahu

Dua Balon Gubernur Riau Diprediksi Gugur Karena Tak Dapat Perahu

Minggu, 07 Januari 2018 | 22:59
Ilustrasi@tempo
RIAUGREEN.COM, PEKANBARU - Peta politik Pilgub Riau saat ini tersisa 4 partai yang belum berkoalisi menentukan pasangan balon Gubernur dan Wakil Gubernur. Dari empat partai ini, hanya akan bisa mengusung dua pasangan, berarti ada balon yang bakal gugur karena tak dapat parahu politik.

Empat partai itu adalah, Partai Demokrat (PD) dengan 9 suara dan Gerindra 7 suara. Keduanya hingga Minggu (7/1/2018) siang belum menentukan siapa yang akan mereka usung dalam Pilgub Riau. Sedangkan PKB dengan 6 suara memberikan dukungan kepada Lukman Edy, dan PPP dengan 5 kursi memberikan dukungan kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus berpasangan Rusli Effendi kader PPP.

Walau PKB dan PPP sudah menentukan calonnya, namun hal itu tidak bisa untuk mengusungnya sendiri. Kedua partai ini harus berkoalisi dengan PD agar mencukupi persyaratan 13 kursi di DPRD Riau. Posisi PD saat ini tentunya menjadi rebutan karena dengan 9 kursi berkoalisi dengan sisa partai yang ada sudah mencukupi.

Sedangkan posaisi Gerindra dengan 7 suara pada posisi kedua setelah PD. Gerinda hanya akan bisa mengajukan kandidatnya bila berkoalisi dengan PKB dengan 6 suara. Jika berkoalisi dengan PPP jumlahnya baru 12 kursi sedangkan persyaratan pencalonan harus 13 kursi.

Sementara itu, selama ini bermunculan calon kandidat Gubernur Riau. M Harris Bupati Pelalawan, Achmad eks Bupati Rohol. Keduanya ini hingga siang ini belum mendapatkan perahu dari partai mana pun. Satu sisi Harris adalah tokoh Golkar yang cukup berpengaruh.

Dengan sisa partai, PD, PKB, Gerindra, PPP maka hanya akan menghasilkan dua balon saja. Artinya saat ini ada 4 balon Gubernur Riau yang belum jelas nasibnya, Lukman Edy, Firdaus, Harris dan Achmad. Dari ke empat nama ini, maka dapat dipastikan akan gugur dua orang karena tak dapat perahu.

Untuk partai Golkar (13 suara) telah berkoalisi dengan PDIP (7 suara) dan Hanura (2 suara) akan mengusung petahana Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno (Bupati Rohil). 

Selain itu ada pasangan Syamsuar (Bupati Siak) dengan Brigjen Edy Nasution (Komandan Korem 031 Wira Bima). Pasangan ini diusung PAN, NasDem dan PKS. (dtc)


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top