• Home
  • Pekanbaru
  • Ini Upaya Pemprov Riau Cegah dan Berantas Korupsi

Ini Upaya Pemprov Riau Cegah dan Berantas Korupsi

Kamis, 14 Desember 2017 | 13:30
osialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Tugas Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kepada Mahasiswa dan Pelajar di Hotel Grand Jatra, Rabu (13/12).
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Tugas Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kepada Mahasiswa dan Pelajar di Hotel Grand Jatra, Rabu (13/12).

Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau, Kasiarudin mengatakan bahwa pemberantasan pungli terus diupayakan pemerintahan Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi dengan Gubernur se-Indonesia pada 20 Oktober 2016 yang lalu.

Dikatakan oleh Kasiarudin, melalui Perpres RI Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli serta Instruksi Mendagri Nomor 180/3935/SJ tentang Pengawasan dalam Penyelenggaraan Pemda, dan SK Gubri Nomor KPTS 1072/11/2016 tentang Pembentukan Satgas Saber Pungli di Provinsi Riau, maka Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Riau bertugas untuk melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien di satuan kerja yang ada di Provinsi Riau.

"Pungli tentunya meresahkan masyarakat karena seperti membudaya dan berlangsung selama bertahun-tahun, oleh karena itu saya mengajak seluruh jajaran di lingkungan Pemprov Riau untuk ikut mendukung pemberantasan pungli," imbau Kasiarudin.

Kasiarudin kemudian menjelaskan bahwa untuk menciptakan sistem yang berintegritas harus dimulai dari diri sendiri untuk berkomitmen tegas dalam menghentikan pungli di lingkungan Pemprov Riau serta jangan sampai terlibat dalam pungli.

"Beberapa upaya telah dilakukan Pemprov Riau, salah satunya adalah dengan mengajukan rancangan Perda dalam membangun budaya integritas," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan beberapa upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan Pemprov Riau antara lain dengan membangun budaya integritas, pengendalian gratifikasi, pelaporan LKHPN, pembentukan Satgas Saber Pungli, pelaksanaan reformasi birokrasi, pembangunan zona integritas, melaksanakan aksi PPK dan STIP, serta pengawasan APIP.

"Diharapkan dengan adanya pertemuan ini kita semua bersama-sama dapat mendukung percepatan good governance dan clean government di Pemprov Riau," tutup Kasiarudin.

Adapun Sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua Satgas Saber Pungli Pusat yang diwakili oleh Kepala Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat Asep Kurnia, Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Mayjen TNI Andrie Soetarno, Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Riau dan UPP Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, serta unsur Forkopimda. (mcr)

BERITA LAINNYA
BNPB Kirim Satu Unit Heli MI-171 ke Riau
Jumat, 20 Juli 2018 | 10:21
Buruh Chevron Riau Demo Ancam Mogok Kerja
Kamis, 19 Juli 2018 | 15:33
Kontingen SOIna Riau Resmi Dikukuhkan Gubri
Kamis, 19 Juli 2018 | 14:00
Bulan Depan Tatib DPRD Riau Sudah Disahkan
Rabu, 18 Juli 2018 | 12:01
BERIKAN KOMENTAR
Top