• Home
  • Pekanbaru
  • Simak Tips Aman Berkendara dari Polresta Pekanbaru Berikut Ini

Simak Tips Aman Berkendara dari Polresta Pekanbaru Berikut Ini

Kamis, 12 Oktober 2017 | 12:55
Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Iptu Polius Hendriawan
Berita Terkait:
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH. melalui Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Iptu Polius Hendriawan menyampaikan Himbauan Penggunaan Handphone saat berkendara.

Menurut Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang No.22 Tahun 2009 sendiri berisi: "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi."

Penggunaan Handphone saat berkendara dapat mengganggu konsentrasi pengendara. Hal ini beresiko mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat membuat pengendara ataupun orang lain mengalami cedera baik ringan maupun berat ataupun mengalami kematian.

Untuk mengurangi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan akibat penggunaan Handphone, berikut beberapa Tips Kapolresta Pekanbaru:

1. Gunakan Mode Senyap/Silent Mode atau matikan Handphone saat berkendara.
Mengubah settingan bunyi pada Handphone saat berkendara sangat membantu anda dalam menjaga konsentrasi selama berkendara. 

2. Jauhkan handphone dari pandangan dan jangkauan.
Menjauhkan handphone dari pandangan dan jangkauan diri dimana anda tidak bisa mendaptkannya saat berkendara, membuat anda agar tetap Fokus dan Bekonsetrasi. 

3. Mengirim Pesan kepada Keluarga, Rekan, atau orang lain.
Menyampaikan pesan bahwa anda akan berkendara kepada orang lain sebelumnya, membuat orang lain mengetahui bahwa anda sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi lebih. Hal ini dapat menghindari orang lain untuk menghubungi anda selama anda berkendara.

4. Meminta bantuan kepada Penumpang.
Meminta bantuan kepada Penumpang adalah cara alternatif dalam menggunakan handphone saat berkendara apabila dirasa benar-benar mendesak. Mintalah kepada yang menjadi penumpang anda selama berkendara untuk melakukan/menjawab panggilan atau mengetik/membalas SMS sesuai arahan yang anda berikan.

5. Berhenti ditempat yang aman.
Jika anda merasa perlu untuk menerima/melakukan panggilan atau mengirim/membaca pesan, sebaiknya cari tempat yang aman untuk anda berhenti sebelum anda menggunakan handphone. Pastikan posisi berhenti kendaraan anda tidak mengganggu jalannya arus lalu lintas.

Keselamatan di jalan menjadi prioritas utama agar semua pengendara sampai tujuan dengan selamat, kehati-hatian serta kesadaran untuk mentaati peraturan lalu lintas bagi setiap pengguna jalan harus perlu ditingkatkan agar menjadikan jalan raya menjadi lebih aman sehingga dapat menurukan tingkat kecelakaan bagi Pengguna Jalan.

"Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan jadikan Keselamatan sebagai Kebutuhan". Menuju Indonesia Tertib, Bersatu, Keselamatan Nomor Satu. (sandi)


BERITA LAINNYA
21 Pejabat Eselon III dan IV Bakal Dimutasi
Kamis, 14 Desember 2017 | 13:27
Tahun Ini, 482 ASN di Riau Masuki Masa Pensiun
Rabu, 13 Desember 2017 | 12:57
BERIKAN KOMENTAR
Top