CJH Riau Diimbau Waspadai Wabah Kolera

Selasa, 25 Juli 2017 | 13:09
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengimbau jamaah calon haji asal Riau agar mewaspadai terjangkit wabah kolera saat menunaikan ibadah di Tanah Suci, yang kini sedang melanda negara Yaman.

"Kami sudah mendapatkan surat edaran untuk mengingatkan para JCH agar waspada tidak sembarangan memgkonsumsi makanan dan minuman selama di tanah suci," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Selasa.

Selain itu, jelas Mimi, JCH harus selalu menjaga kebersihan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ia menuturkan agar pesan ini sampai kepada JCH, pihaknya sudah mengedarkan imbauan ke seluruh kabupaten/kota di Riau agar diindahkan dan disosialisasikan.

Menurut Mimi, untuk mencegah terjadinya penularan kolera terhadap jamaah haji selama berada di Arab Saudi, diharapkan peserta asal Riau untuk dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan, selama di Arab Saudi sebagai berikut, minum air kemasan atau yang sudah dimasak, menggunakan air bersih/PAM untuk keperluan sehari-hari, seperti masak, mencuci alat makan, gosok gigi, berwudhu, dan mandi. Kemudian lanjut Mimi, mencuci tangan dengan air yang cukup dan sabun, sebelum makan, menyentuh makanan atau mengolahnya, sesudah buang air besar, dan setelah mengurus penderita diare atau orang sakit.

Makan makanan yang sudah dimasak dengan baik, menghindari yang masih mentah, mencuci atau memasak sayuran sebelum dimakan, mencuci atau mengupas buah-buahan sebelum dikonsumsi dan menyimpannya di tempat atau wadah yang tertutup.

Memasak dan mengolah makanan-minuman di dapur/ruangan yang terjaga kebersihannya, menggunakan jamban dan kamar mandi yang terjaga bersih. Tempat yang tercemar kotoran atau muntahan penderita kolera harus dibersihkan dengan air dan karbol atau cairan disinfektans/ pembasmi kuman lainnya dan segera berobat jika diare, muntah atau menderita penyakit lainnya.(okz)

BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top