• Home
  • Olahraga
  • Cetak Sejarah Raih Emas SEA Games di Vietnam, Tim Basket Putra Indonesia

Cetak Sejarah Raih Emas SEA Games di Vietnam, Tim Basket Putra Indonesia

Minggu, 22 Mei 2022 | 22:31
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberi motivasi kepada tim basket putra Indonesia sebelum laga pamungkas lawan Filipina di ajang SEA Games di Vietnam (foto:raiky/kemenpora.go.id)

PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Untuk kali pertama, Timnas Basket Indonesia mencetak sejarah dalam ajang SEA Games di Vietnam. 

Sejarah manis bola basket Indonesia di SEA Games tersebut tercipta usai skuad Merah Putih di bawah kepelatihan Mlios Pejic mengalahkan Filipina.

Dilansir melalui lamam kemenpora.go.id, Indonesia menang 85-81 atas raja bola basket Asia Tenggara, Filipina.Artinya, skuad Garuda tak terkalahkan di SEA Games 2021 dalam 5 pertandingan.

Pertandingan final basket SEA Games , Indonesia vs Filipina, berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5) sore WIB.

Dalam sejarah SEA Games, Indonesia sebelumnya belum pernah membawa pulang medali emas.

Bersamaan dengan hasil final basket SEA Games  tersebut, Indonesia memecahkan asumsi tak pernah bawa pulang medali emas.

Sementara, Timnas basket putri Indonesia juga turut menyumbang medali SEA Games . Mereka membawa pulang perak.

Pada laga terakhir, Indonesia putri menang atas Singapura dan membuat rekor menang-kalah 4-1 di klasemen grup.

Rekor tersebut sama dengan yang dimiliki oleh Filipina. Akan tetapi, Filipina unggul secara head to head atas Indonesia.

Indonesia kalah dari Filipina pada pertemuan di SEA Games . Adapun satu kekalahan Filipina kalah dari Malaysia.

Sebelumnya, Menteri Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan semangat di kamar ganti tim basket putra yang akan menghadapi Filipina di laga terakhir.

Motivasi yang diberikan Menpora Zainudin Amali kepada tim basket putra Indonesia sebelum laga pamungkas lawan Filipina akhirnya membuahkan hasil. 

Timnas basket Indonesia mencetak sejarah dalam ajang SEA Games di Vietnam. Untuk kali pertama, mereka meraih medali emas. 

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pemain yang sudah berjuang sampai di laga terakhir hari ini, karena nanti pertandingan yang menentukan medali emas, saya minta pemain untuk tidak emosi di lapangan. Bermain lepas saja dan berikan yang terbaik," ujar Menpora Amali.***


BERITA LAINNYA
Riau Siap Majukan Prestasi Kickboxing Indonesia
Kamis, 15 September 2022 | 13:25
Kabar Terkini Bagus Kahfi dan Kepindahannya
Selasa, 12 Juli 2022 | 21:16
De Jong Keukeuh Tetap Bermain di Barcelona
Kamis, 30 Juni 2022 | 21:22
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top