• Home
  • Nasional
  • Kebakaran Lapas Tangerang Tewaskan 41 Napi, Berikut 4 Fakta Sejauh Ini

Kebakaran Lapas Tangerang Tewaskan 41 Napi, Berikut 4 Fakta Sejauh Ini

Rabu, 08 September 2021 | 13:34
detikcom
RIAUGREEN.COM - Kebakaran Lapas Tangerang menewaskan 41 orang narapidana dini hari tadi, 8 September 2021. Apa penyebab kebakaran Lapas Tangerang hingga bagaimana kondisi terbarunya'

Kebakaran Lapas Tangerang terjadi pukul 02.00 WIB di Jl Veteran, Babakan, Tangerang. Api telah dipadamkan beberapa jam setelahnya.

Berikut ini fakta-fakta sejauh ini soal kebakaran Lapas Tangerang pada Rabu (8/9/2021):

Kebakaran Lapas Tangerang Tewaskan 41 Orang
Akibat kebakaran lapas Tangerang, 41 orang tewas dan beberapa orang lainnya mengalami luka-luka. Saat ini mereka pun sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

"Jumlah korban tewas ada 41 orang. Sementara itu, ada 81 korban luka-luka, terdiri atas 73 korban luka ringan dan 8 korban luka berat," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan, Rabu (7/9).

Kebakaran Lapas Tangerang Diduga Akibat Korsleting
Kini, kepolisian tengah melakukan olah TKP di lokasi kejadian kebakaran Lapas Tangerang. Sementara ini, kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

"Sementara diduga akibat hubungan pendek arus listrik," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (8/9/2021).

Api berkobar sekitar pukul 01.45 WIB. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB. Kebakaran berlangsung hampir 2 jam.

Kebakaran Lapas Tangerang, Api Berasal dari Blok Khusus Narkotika
Kebakaran Lapas Tangerang berawal dari Blok C2, yang merupakan blok khusus narkotika. Namun Humas Kemenkumham bakal meng-update data guna memastikan informasi.

"Sementara ini di Blok C2 ini adalah kasus narkotika. Tapi kepastian data akan kami update. Saat ini masih identifikasi penanganan korban," ujar Kabag Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Rika Aprianti kepada wartawan Rabu (8/9/2021).

Kebakaran Lapas Tangerang, Jumlah Napi Melebihi Kapasitas
Saat kebakaran Lapas Tangerang terjadi, Rika menyebutkan lapas dihuni 2.069 narapidana dan tahanan. Padahal lapas hanya bisa dihuni oleh 900-an orang.

"Kalau kondisi lapas, tentunya overkapasitas ya. Dari kapasitas yang seharusnya 900-an ini terisi 2.069 orang," ucap Rika.

Sementara itu, petugas yang berjaga hanya berkisar 13 orang. Mereka dibagi ke empat blok.

Demikian fakta terbaru dari kebakaran lapas Tangerang yang terjadi dini hari tadi. Untuk selanjutnya, kepolisian dan pihak terkait masih mengusut kebakaran ini.(detik.com)

BERITA LAINNYA
Naik Pangkat, Empat Perwira Polri Pecah Bintang
Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
Kompolnas Dukung Kenaikan Gaji Anggota Polri
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:23
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top