• Home
  • Nasional
  • Longsor di KM 77 Jalan Lintas Riau Sumbar, Kapolres Kampar Koordinir Penanganannya Hingga Tuntas

Longsor di KM 77 Jalan Lintas Riau Sumbar, Kapolres Kampar Koordinir Penanganannya Hingga Tuntas

Sabtu, 08 Mei 2021 | 11:47
net
RIAUGREEN.COM - Jumat sore (07/05/2021) sekira pukul 17.00 Wib terjadi longsor dilereng perbukitan disisi Jalan Lintas Riau - Sumbar KM 77 wilayah Desa Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, akibat longsor ini badan jalan tertutup material berupa tanah, bebatuan dan pohon tumbang sehingga memutus arus lalulintas dari kedua arah.

Mendapat informasi kejadian ini, Kapolsek Bangkinang Barat Ipda Yulanda Alvaleri S.Tr.K langsung melaporkan kejadian ini kepada Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK dan juga memerintahkan beberapa personel Polsek menuju lokasi.

Setiba dilokasi longsor, anggota Polsek mendapati kondisi jalan yang tertutup material longsor, serta adanya kabel listrik yang ikut terseret material longsor. Selanjutnya personel Polsek dibantu warga tempatan melakukan pengamanan dan pengaturan dilokasi sembari menunggu petugas terkait untuk penanganannya.

Kapolres Kampar yang dikabari kejadian ini langsung berkoordinasi dengan pihak PUPR Provinsi dan BPBD Kampar untuk menangani longsor ini, sekira pukul 19.00 Wib Kapolres Kampar didampingi Kasat Lantas AKP Angga Wahyu Prihantoro dan Kasat Sabhara AKP Ikwan Widarmono serta sejumlah personel Polres tiba di lokasi longsor.

Kapolres juga memerintahkan anggota Sabhara untuk membawa kendaraan Rantis Rescue yang dilengkapi beberapa peralatan khusus, seperti crane dan derek serta peralatan penerangan ikut kelokasi.

Tidak lama kemudian datang dua alat berat dari PUPR Provinsi berupa Escafator dan Gledor, yang langsung bekerja membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan. Sementara mobil Rantis Rescue Polres Kampar digunakan untuk penerangan lokasi saat alat berat ini bekerja.

Sekira pukul 23.00 Wib, semua material longsor telah dibersihkan dari badan jalan, dan kondisi arus lalulintas kembali normal dan dapat dilalui kendaraan dari kedua arah.

Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK saat dikonfirmasi terkait kejadian ini menyampaikan, bahwa peristiwa longsor ini terjadi karena tingginya curah hujan beberapa waktu terakhir yang mengakibatkan abrasi pada lereng bukit sehingga meruntuhkan material tanah dan bebatuan serta pohon kearah jalan yang berada disisinya.

Tidak ada korban jiwa maupun kendaraan yang terkena longsoran ini, namun sempat memutuskan arus lalulintas dari Riau dan Sumbar ini sekitar 6 Jam, kini kondisi jalan telah bersih dan normal kembali, ujar Kapolres.

Kapolres Kampar pada kesempatan ini juga mengapresiasi semua tim yang terlibat dalam penanganan longsor ini, yang telah bekerja sangat baik dan tanggap sehingga dalam waktu singkat dapat segera diatasi, ujar Kapolres Kampar.(tnr)

BERITA LAINNYA
Naik Pangkat, Empat Perwira Polri Pecah Bintang
Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
Kompolnas Dukung Kenaikan Gaji Anggota Polri
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:23
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top