• Home
  • Nasional
  • Abah Cijeungjing yang Menikah Lagi Diantar Istri, ini Faktanya

Abah Cijeungjing yang Menikah Lagi Diantar Istri, ini Faktanya

Senin, 10 Februari 2020 | 12:57
Foto: Dok. TikTok @nengnthan/detik.com
Nengmas mengantar Abah Cijeungjing.

RIAUGREEN.COM  - Beberapa hari ini jagat media sosial dihebohkan dengan video viral istri mengantar suami menikah lagi. Suami-istri dalam video itu terungkap, mereka berasal dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Berikut fakta-fakta pernikahan tersebut.

1. Akad Pernikahan Berlangsung di Jombang

Identitas suami-istri yang videonya viral itu ialah Hafi Muhammad Kafi Firdaus atau biasa disapa Abah Kuka atau Abah Cijeungjing dan Emas Putri Yanti alias Nengmas. Nengmas ini peserta Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indonesia tahun 2015. Pasangan tersebut sehari-harinya tinggal di Ciamis.

Akad pernikahan antara Abah Kuka dengan wanita lain yang diantar istrinya dalam video itu, berlangsung pada hari Minggu (2/2/2020), di Jombang, Jawa Timur.

Ikhsan (29) seorang santri senior di Pesantren Cijeungjing membenarkan bahwa gurunya telah melangsungkan pernikahannya yang kedua. Ia mengaku tak mengetahui bahwa pernikahan gurunya yang kedua itu viral. Sampai akhirnya banyak yang menanyakan langsung kepadanya terkait pernikahan tersebut.

"Iya benar, nikahnya kemarin hari Minggu di Jombang. Tapi saya enggak ikut rombongan, jaga pesantren," ujar Ikhsan saat ditemui di pesantren, Jumat (7/2/2020).

2. Suami Adalah Pemimpin Ponpes Cijeungjing Ciamis

Tak menyangka pasangan yang videonya viral bukan orang sembarangan. Keduanya memiliki latar belakang yang cukup hebat. Diketahui sang suami ternyata Pimpinan Pesantren Cijeungjing Sholawat Wabarik Hafi Muhammad Kafi Firdaus atau biasa disapa Abah Kuka atau Abah Cijeungjing. Sementara sang istri Emas Putri Yanti alias Nengmas.

Nengmas sebelumnya pernah menjadi peserta Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indosiar pada 2015 lalu. Menurut salahsatu santri Ikhsan (29), pernikahan kedua Abah Cijeungjing ini dipersiapkan langsung oleh istri pertamanya. Dari mulai pencarian isteri, keberangkatan rombongan sampai akad.

"Jadi yang mempersiapkan itu semuanya Umma (sebutan santri kepada istri abah)," kata dia. Ikhsan mengaku tak mengetahui lebih jauh soal pernikahan tersebut. Sebab saat semua rombongan santri ke Jombang, ia mengaku tak ikut dan dipercaya menjaga pesantren.

Ikhsan yang sudah mondok selama 4 tahun itu menjelaskan semua rombongan di pesantren ikut menghadiri pernikahan di Jombang. Rombongan berangkat menggunakan 4 bus dan 1 mobil travel pada hari Rabu. Sebelum melangsungkan akad rombongan melaksanakan ziarah terlebih dulu. "Menikahnya hari Minggu kemarin," katanya.

3. Pernikahan Sudah Direncanakan Dua Tahun

Siapa sangka, pernikahan yang kini heboh di media sosial sudah direncanakan dan dipersiapkan sejak 2 tahun lalu. Bahkan pernikahan tersebut dipersiapkan langsung oleh sang istri pertama, dari mulai mencari calon istri kedua hingga mempersiapkan untuk akad pernikahan.

Hal itu terungkap dalam Video yang beredar di Facebook. Dalam video itu sang suami, diketahui adalah Pimpinan Pesantren Cijeungjing Sholawat Ciamis Wabarik Hafi Muhammad Kafi Firdaus atau biasa disapa Abah Kuka atau Abah Cijeungjing berbincang dengan seorang pria yang diketahui adalah Ustad Derry Sulaiman terkait soal pernikahannya tersebar di Facebook.

Salah satunya diunggah oleh akun Perdana Jaya Phonecell yang dibagikan di grup Tepang Sono Wargi Ciamis. Dalam video berdurasi 10,44 menit ini, seorang pria berjanggut memakai sorban nge-vlog mewawancarai Abah Cijeungjing.

Dalam video itu, Abah Cijeungjing menjelaskan pernikahan itu telah direncanakan dan dipikirkan selama 2 tahun lalu dan keduanya telah bersepakat. Sehingga tak ada rasa marah dari istri pertama yang diketahui Emas Putri Yanti alias Nengmas, sebelumnya pernah jadi peserta Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indonesia tahun 2015.

"Ini sudah 2 tahun lalu sudah dimusyawarahkan, Umma yang mencari. Dicarikan, kalau saya yang cari sendiri takut gimana-gimana," ujar Abah dalam video.

4. Abah Cijeungjing Direstui Istri Pertama

Pernikahan Abah Cijeungjing ternyata mendapat restu dari istri pertama. Bahkan istri pertama lah yang memaksa Abah Cijeungjing untuk menikah lagi.

Dalam video Abah Cijeungjing bersama ustaz Derry Sulaiman yang beredar di media sosial Facebook, Abah menjelaskan pernikahan itu atas keinginan dari istri pertama. Bahkan sejak 2 tahun lalu, ada 5 wanita yang telah dipilih Umma, istri pertama Abah Cijeungjing. Namun ke 5 wanita itu tak cocok dengan Abah.

"Umma mencarikan itu sudah dari 2 tahun lalu, ada mungkin sampai 5 ya, ada yang di datengi langsung ada yang enggak," ungkap Abah kepada ustad Derry Sulaiman dalam video tersebut.

Sejauh ini Abah mengaku tak pernah berpikir untuk menikah lagi. Jangankan menambah istri yang ketiga, yang kedua pun Abah sebetulnya tak ada niatan. Sebab, yang mencarikan dan persiapan pernikahan dilakukan oleh istri pertama Abah.

"Pas pertama belanja baju anna (saya) gak tahu. Umma belanja sama teteh, mereka belanja bareng-bareng. Untuk mas kawin dibeli sendiri sama Umma," ucap dia dalam video.

Ketika ditanya, apakah Abah bisa bersikap adil terhadap kedua istrinya. Dalam video itu Abah menjelaskan menurut pemahamannya adil bukan berarti harus sama rata. Adil berarti yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah.

"Yang mentaati suami yang paling diutamakan. Bukan soal ada giliran. Karena kita sepakat tidak ada jadwal gilir, sudah ada perjanjian," tutur Abah.(detik.com)


Loading...
BERITA LAINNYA
37 Ribu TKI Pulang di Tengah Wabah Corona
Selasa, 07 April 2020 | 11:48
Kaki Harimau Corina Terancam Diamputasi
Selasa, 07 April 2020 | 11:46
Pemerintah Minta 64 Kampus Bantu Pulsa Mahasiswa
Selasa, 07 April 2020 | 11:40
Bayi 4 Bulan Dinyatakan Sembuh dari Corona
Selasa, 07 April 2020 | 11:32
BERIKAN KOMENTAR
Top