• Home
  • Nasional
  • Demo Kabut Asap, Patung Sekapur Sirih Jambi Dipasang Masker dan Kain Kafan

Demo Kabut Asap, Patung Sekapur Sirih Jambi Dipasang Masker dan Kain Kafan

Kamis, 19 September 2019 | 19:01
detikcom
Patung Sekapur Sirih Jambi Dipasang Masker dan Kain Kafan
Jambi, RIAUGREEN.COM - Kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin pekat menyelimuti wilayah di Jambi. Patung Sekapur Sirih yang merupakan ikon kota Jambi pun kini dipasang masker sebagai bentuk kekecewaan warga.

Warga bernama Tajri Danur itu nekat memasang masker di patung sebagai bentuk kekecewaannya terhadap pemerintah, karena persoalan kabut asap ini kembali terjadi.

Selain memasang masker ke patung penari yang menjadi simbol selamat datang di Jambi, patung tersebut juga dipasang kain kafan olehnya sebagai simbol kematian akibat terpapar asap karhutla.

"Ini sebagai kekecewaan kita, di mana pemerintah yang terlambat mengambil sikap tegas tentang persoalan kabut asap. Kabut asap ini semakin pekat dan semakin membahayakan kesehatan masyarakat, sehingga dapat membuat anak-anak serta orang dewasa terjangkit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat terpapar asap," kata Tajri usai melakukan aksi memasang masker di patung si kapur sirih, di Jalan Abdul Rahman Saleh, Kota Jambi, Kamis (19/9/2019).

Menurut Tajri, persoalan kabut asap karhutla yang sebelumnya sempat terjadi di tahun 2015 silam itu kini terulang kembali di tahun ini. Tentu hal itu menjadi catatan buruk kepada pemerintah yang dinilai lamban dalam mengatasi persoalan karhutla hingga menyebabkan kabut asap yang dapat membahayakan masyarakat.

"Jika kabut asap ini terus berlarut, saya bahkan merasa takut akan kesehatan masyarakat pada jangka panjang. Bencana kabut asap ini juga merupakan pembunuh masal, maka dari itu pemerintah harus cepat mengatasi persoalan kabut asap ini yang sebelumnya tahun 2015 silam terjadi dan kini terjadi lagi, jangan sampai nanti memakan korban jiwa,'' ujarnya.

Sementara itu, kabut asap pekat imbas karhutla ini kini tengah menyelimuti beberapa daerah di Jambi seperti Kota Jambi, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Sarolangun, Bungo dan Kabupaten Tebo. Bahkan kondisi udara akibat asap di Kota Jambi berdasarkan sumber DLH Kota Jambi pada pagi hari ini dalam kategori sangat tidak sehat.(detikcom)

BERITA LAINNYA
Naik Pangkat, Empat Perwira Polri Pecah Bintang
Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
Kompolnas Dukung Kenaikan Gaji Anggota Polri
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:23
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top