• Home
  • Nasional
  • Jokowi akan Bangun Destinasi Wisata Danau Toba pada 2020

Jokowi akan Bangun Destinasi Wisata Danau Toba pada 2020

Selasa, 30 Juli 2019 | 09:16
kompas.com
Presiden Jokowi meninjau Sipinsur Geosite di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, kemarin
RIAUGREEN.COM-Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengatakan, akan mengebut pembangunan destinasi wisata Danau Toba. Jokowi ingin agar Danau Toba lebih berkelas.

Jokowi mengatakan, pembangunan akan dimulai tahun ini dan diperkirakan rampung pada 2020. "Dulu (kita) memutuskan dan merencanakan pengelolaan Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang betul-betul berkelas.

Tetapi produk di sini harus diperbaiki, brandnya harus diangkat. Sehingga betul- menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi," ungkap Jokowi, saat mengunjungi Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (29/7/2019).

Jokowi bahkan siap mengucurkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 3,5 triliun untuk pengembangan Danau Toba sebagai kawasan wisata.

Jokowi mengatakan, pembangunan Danau Toba memang butuh investasi besar. Untuk itu, APBN bakal dikombinasikan dengan para investor. Disambut Jokowi tiba di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (29/7/2019).

Kawasan ini merupakan perbukitan dengan pemandangan hamparan Danau Toba yang begitu eksotis. Sampai di sana, Jokowi langsung disambut dengan nyanyian pelajar sekolah dasar yang sudah menantinya sejak siang.

Rombongan baru datang sekira pukul 17.24 WIB. Jokowi langsung menyapa mereka dan warga yang sudah berjubel. Kedatangan Jokowi untuk meninjau langsung geosite itu, sekaligus membahas soal pembangunan infrastruktur Danau Toba.

Bukan menuju satu ruangan, Jokowi bersama para menteri dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bergeser menjauh dari kerumunan warga. Mereka turun melewati pagar pembatas di Sipinsur, berdiri di atas pinggir jurang.

Jokowi lantas menunjuk ke beberapa arah. Sesekali dia memandang ke arah danau tepat ke Pulau Sibandang sambil berdiskusi dengan para menterinya. Cukup lama mereka berdiskusi, sambil membahas dokumen yang dipegang mereka. Ternyata dokumen itu adalah rancangan konsep pembangunan Toba mendatang.(kompas.com)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top