• Home
  • Nasional
  • Deretan Penghargaan Pemprov DKI Selama Dipimpin Anies Baswedan

Deretan Penghargaan Pemprov DKI Selama Dipimpin Anies Baswedan

Senin, 21 Januari 2019 | 11:13
merdeka
RIAUGREEN.COM - Pemprov DKI Jakarta telah menorehkan banyak penghargaan, termasuk di bawah kepemimpinan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Penghargaan diperoleh dalam berbagai bidang.

Berikut ini beberapa penghargaan yang diraih DKI di bawah kepemimpinan Anies Baswedan:

1. DKI Jakarta Raih Top 50 Smart City

DKI Jakarta masuk dalam peringkat ke-47 Smart City Government pada 18 Januari 2019. Peringkat DKI setingkat dengan kota Paris di posisi ke-46. Dari 10 indikator penilaian, DKI Jakarta meraih 3 nilai tertinggi pada indikator, yaitu Visi Pemprov DKI Jakarta, Kepemimpinan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Kepala Pemerintahan dan Alokasi Anggaran/APBD Provinsi DKI Jakarta.

"Pemprov DKI Jakarta telah menerapkan Konsep Kota Pintar, ditandai dengan dibentuknya unit pengelola @jsclounge. Ada 6 indikator yang menjadi fokus Jakarta Smart City, yakni Smart Governance, Smart Economy, Smart People, Smart Mobility, Smart Environment, dan Smart Living," seperti dikutip dari Instagram @Aniesbaswedan.

2. DKI Jakarta Dapat Penghargaan dari KemenpanRB

DKI Jakarta mendapat penghargaan dari Kemenpan untuk kategori terbaik di seluruh provinsi di Indonesia pada 27 November 2018. Indonesia berada di posisi pertama dari 32 provinsi lain. "DKI mendapatkan kategori terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia, kami nomor 1 dari 32 provinsi," ujar Anies.

Anies mengatakan penghargaan itu adalah hasil dari kerja luar biasa dari seluruh jajaran Pemprov DKI. Ia mengingatkan penghargaan itu merupakan tantangan agar para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa terus mempertahankannya.

Tak hanya itu saja, DKI juga menerima penghargaan sebagai PTSP Provinsi terbaik se-Indonesia dari Kemenpan RB dan PTSP dengan tingkat inovasi terbaik dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

3. DKI Jakarta Terima Penghargaan Karena Kembangkan Bahasa

DKI Jakarta menerima penghargaan Reksa Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 10 Desember 2018. Penghargaan diberikan karena keikutsertaan Anies dalam mengembangkan bahasa.

Salah satu contohnya adalah pengintegrasian transportasi di Jakarta atau Jak Lingko ataupun Moda Raya Terpadu (MRT). Anies mengatakan pemberian nama-nama tersebut merupakan bentuk dari proses yang terjadi, yakni pengintegrasian antar moda transportasi mulai dari bus kecil, Transjakarta, MRT, LRT hingga kereta.

Sehingga nantinya, kata Anies, adanya penjangkauan semua lokasi seperti halnya laba-laba. Anies juga menyebut pihaknya telah mulai mengkonversi istilah-istilah untuk di Jakarta.

"Sekarang di dinas-dinas kita sudah mulai mengkonversi istilah-istilah. Jadi ada daftarnya dan kita ingin nanti semua istilah yang digunakan itu istilah teknis hasil serapan yang diakui oleh badan bahasa," kata Anies.

4. Dapat Penghargaan dari KPK

Pemprov DKI menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait laporan hasil kekayaan pejabat negara (LHKPN), gratifikasi, serta aplikasi pelayanan publik.

Penghargaan diserahkan oleh pimpinan KPK Agus Rahardjo, Alexsander Maruata, dan Saut Sitomorang pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

(Sumber:merdeka.com)

Loading...
BERITA LAINNYA
Truk Tangki Minyak Sawit Masuk Jurang di Sumbar
Jumat, 15 November 2019 | 14:26
Data Pengebom Medan Tak Tercatat di Kemendikbud
Kamis, 14 November 2019 | 13:04
BERIKAN KOMENTAR
Top