• Home
  • Nasional
  • Tak Lulus Passing Grade? Yang Rankingnya Tinggi Ada Harapan

Tak Lulus Passing Grade? Yang Rankingnya Tinggi Ada Harapan

Senin, 12 November 2018 | 12:19
foto setkab
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB) Syafruddin (kiri)
RIAUGREEN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB) Syafruddin mengatakan untuk seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 memang sangatlah berat.

Bahkan dia menyebut batas passing grade tahun ini dinaikan dari tahun sebelumnya, sehingga banyak yang tidak lulus dalam ujian CPNS 2018.

"Kenapa banyak yang tidak lulus, peminatnya itu 3,5 juta formasinya hanya 238 ribu jadi tidak sampai 10%. Jadi memang banyak yang tidak lulus karena sangat kompetitif persaingannya berat sekali. Tidak sampai 1 banding 10 karena kemampuan negara saat ini hanya bisa 238 ribu, karena kebutuhannya itu," ujar Syafruddin kepada Okezone di Unversitas Indonesia, Senin (12/11/2018).

"Jadi kita bisa bayangkan kalau 3,5 juta kalau hanya sekitar 8 persen misalnya pasti banyak yang gugur kalau dibuka passing grade-nya banyak yang lulus. Mana kala tidak cukup nanti di 283 ribu, kita akan ambil ranking di bawahnya," lanjutnya.

Mantan Wakapolri ini mengungkapkan dinaikannya passing grade dari tahun ke tahun dilakuan untuk mendapatkan hasil Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Ia juga menyebut jika passing grade tidak dinaikan tidak maka tidak mendapatkan SDM yang Profisional di tingkat Aparatur Negara.

"Pasing grade tinggi jadi banyak yang jatuh ya memang gitu jadi dari tahun ke tahun passing grade kita selalu perbaiki atau naikan tiap tahun sekarang lebih tinggi dari tahun sekarang supaya kita dapatkan yang lebih kompetitif, kalau tidak dinaikan nanti bisa jadi enggak bagus, jadi kalau dinaikan bisa kita bisa dapet SDM yang lebih bagus dan profesional," imbunya.

Menteri Syafruddin pun mengungkapkan bahwa tahun ini dan tahun depan penerimaaan CPNS sangatlah sedikit dengan sejumlah berbagai pertimbangan. Selain itu setiap tahunya passing grade tetap dinaikan sehingga wajar jika banyak yang tidak lulus dalam menjalankan ujian CPNS.

Loading...
"Karena yang kecil tahun ini dan tahun depan, untuk tahun depan sekitar hampir 250 ribu dan tentu kita pertimbangkan kemampuan terutama kemampuan keuangan negara," pungkasnya. (surce:okezone.com)



BERITA LAINNYA
Naik Pangkat, Empat Perwira Polri Pecah Bintang
Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
Kompolnas Dukung Kenaikan Gaji Anggota Polri
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:23
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top