Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Situbondo

Kamis, 11 Oktober 2018 | 12:46
foto int
Ilustrasi
RIAUGREEN.COM - Sejumlah rumah rusak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terdampak gempa 6,3 skala richter yang terjadi di Situbondo, Kamis (11/10) dini hari. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sedang melakukan identifikasi dan penyusunan lebih lanjut.

"Tim sedang turun ke lapangan terutama di daerah Mumbulsari dan Tempurejo. Ada bangunan terkena dampak, kemungkinan akibat struktur bangunan yang kurang kuat," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jember Rudi Danarto, saat dihubungi.

Sementara dari laporan yang sudah masuk, beberapa rumah mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Berdasarkan laporan sementara, tiga rumah mengalami kerusakan, namun belum dapat memberikan keterangan secara terperinci.

"Atasan kami nanti yang akan menyampaikan," tegasnya.

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan milik pasangan Bagimin (38)-Umiyah (36) warga Dusun Kemiri Songo Kecamatan Mumbulsari. Atap rumah dan tembok 2 kamar yang dihuni tiga keluarga itu roboh.

Selain itu rumah atas nama Juliyanto (36)-Nia P (30) warga Dusun Sumber Rejo Desa Pondok Rejo, Kecamatan Tempurejo. Material bangunan menimpa meja di teras rumahnya.

Begitu pun rumah warga atas nama Abdul Aziz (24) warga Dusun Kemiri, Desa Pondok Rejo, Kecamatan Tempurejo. Tembok dapurnya roboh menimpa perabotan dapur, sementara kamar lainnya retak-retak.

"Tapi jumlahnya memang belum bisa kita pastikan, sekarang sedang berada di lapangan," tegasnya.

Tim BPBD bersama Kapolsek, Babhinsa dan warga melakukan gotong royong pembersihan material.

Loading...
Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo telah memerintahkan Kapolsek untuk melakukan identifikasi kemungkinan adanya kerusakan di wilayahnya masing-masing. Selanjutnya akan dilakukan Kerja bakti secara gotong-royong meringankan beban korban.

"Pagi ini para Kapolsek akan cek kecamatan masing-masing. Bila ada rumah yang rusak, akan diadakan kerja bhakti untuk meringankan beban warga," katanya kepada wartawan. (source:merdeka.com)

BERITA LAINNYA
MUI Kutuk Keras Pembakaran Bendera Tauhid
Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:22
BERIKAN KOMENTAR
Top