• Home
  • Nasional
  • 10 Kepala Daerah yang Dukung Jokowi Bakal Diawasi Bawaslu

10 Kepala Daerah yang Dukung Jokowi Bakal Diawasi Bawaslu

Kamis, 20 September 2018 | 13:55
foto viva.co.id
10 Kepala Daerah di Sumatera Barat deklarasi dukungan ke Jokowi-Ma'ruf Amin.
RIAUGREEN.COM - Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat, Surya Elfitrimen mengatakan, bakal mengawasi sepuluh kepala daerah yang mendukung bakal calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. Deklarasi dukungan yang sudah disampaikan secara nyata tidak melanggar aturan hukum pemilu.

Menurut Surya, bentuk pengawasan soal proses dan aturan kampanye yang berlaku selama proses Pilpres 2019 berlangsung. Seperti pada saat kampanye nanti wajib ambil cuti dan tidak menggunakan fasilitas negara. Pengawasan ini tidak hanya berlaku kepada kepala daerah yang mendukung, namun juga kepada semua pihak.

"Tahapan kampanye nanti, tentunya seluruh pihak harus mematuhi aturan kampanye yang berlaku. Itu yang akan kita petakan dan awasi," kata Surya, Kamis 20 September 2018

Meski secara aturan dukungan itu tidak melanggar, pihaknya menilai bisa saja ada hal atau persoalan yang muncul pada masa kampanye. Ini yang akan dipetakan, sehingga bisa diantisipasi agar tidak menimbulkan gejolak.

"Yang jelas, yang mendeklarasikan dukungan itu, nantinya harus ambil cuti dan juga sama sekali tidak menggunakan fasilitas negara. Karena jika tidak dilakukan, maka selain berpotensi menimbulkan gejolak, itu juga melanggar aturan. Jika nanti ditemukan adanya pelanggaran, maka akan diberikan teguran sesuai aturan yang berlaku," ujar Surya.

Kembali ditegaskan Surya, deklarasi dukungan dari sepuluh kepala daerah yang ada terhadap Jokowi dan Ma'ruf Amin sah-sah saja serta tidak melanggar aturan. Dukungan itu merupakan hak politik yang sudah dijamin oleh konstitusi.

Namun, kata Surya, kepala daerah yang menyatakan sikap mendukung salah satu capres dan cawapres, maka harus cuti selama masa kampanye berlangsung, tidak menggunakan fasilitas negara. Kampanye dimulai pada 23 September 2018.

Loading...
Sebelumnya, sebanyak 10 dari 19 kepala daerah yang ada di Sumatera Barat, menggelar deklarasi terbuka mendukung bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada Selasa malam kemarin.

Kesepuluh kepala daerah yang secara terang-terangan menyampaikan dukungan kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin adalah Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin,  Wali Kota Solok Zul Elfian, Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Bupati Solok Gusmal, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, dan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet. (sumber:VIVA.co.id)

BERITA LAINNYA
Naik Pangkat, Empat Perwira Polri Pecah Bintang
Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
Kompolnas Dukung Kenaikan Gaji Anggota Polri
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:23
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top