• Home
  • Nasional
  • Inilah Beberapa Faktor Penyebab Anak-anak Terjerat Narkoba

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Anak-anak Terjerat Narkoba

Rabu, 25 Mei 2016 | 14:09
ilustrasi penyalahgunaan pemakaian narkoba. (foto : catatanpinggir.com)
RIAUGREEN.COM - Narkotika, psikotropika, dan obat berbahaya (narkoba) tak akan pernah hilang karena pada dasarnya dibutuhkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan medis. Jangan sampai disalahgunakan karena narkoba punya beragam efek negatif.

Terkait hal tersebut dokter rehabilitasi dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur dr Mona Tri Rizky mengatakan anak-anak adalah salah satu kelompok yang rentan untuk menyalahgunakan narkoba. Alasannya karena anak atau remaja masih mudah terpengaruh oleh berbagai hal yang ada disekitarnya.

Menurut dr Mona ada tiga alasan besar yang biasanya mendorong anak menyalahgunakan narkoba.

"Alasannya yang pertama itu dari keluarga. Dalam artian ada masalah hubungan dengan orang tua baik itu konflik atau kurang kasih sayang," kata dr Mona ketika ditemui saat penyuluhan bahaya narkoba di Kantor Pusat PT Actavis, Jakarta Timur, Selasa (24/5/2016).

Alasan selanjutnya adalah masalah pergaulan. Pengaruh dari teman sebaya atau mungkin kekasihnya dapat dengan mudah mendorong seorang anak untuk mencoba memakai narkoba.

Apa yang terjadi ketika seseorang coba-coba awalnya memang tak akan langsung ketergantungan dan malah cenderung merasa senang akibat efek yang dihasilkan. Tapi kemudian hal yang tidak disadari adalah frekuensi pemakaian sebetulnya sedikit demi sedikit meningkat hingga akhirnya menjadi ketergantungan.

"Ketiga adalah tidak nyaman dengan pendidikan. Jadi di sekolahnya dia enggak merasa nyaman baik itu dengan guru atau nilai-nilainya jadi dia merasa 'saya harus memakai zat itu untuk lebih pede'," lanjut dr Mona menjelaskan bahwa kadang narkoba dipakai untuk meningkatkan performa akademis.

Orang tua dalam hal ini menjadi kunci penting untuk mencegah anak tak menyalahgunakan narkoba. dr Mona mengatakan menjaga kedekatan diperlukan oleh orang tua agar bisa tahu masalah apa saja yang mungkin dihadapi anak.




editor  : Hafiz
source : detik.com

BERITA LAINNYA
Naik Pangkat, Empat Perwira Polri Pecah Bintang
Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
Kompolnas Dukung Kenaikan Gaji Anggota Polri
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:23
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top