• Home
  • Meranti
  • Kapolres Datangi Dua Perusahaan di Meranti

Kapolres Datangi Dua Perusahaan di Meranti

Sabtu, 18 Januari 2020 | 20:47
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Kapolres datangi dua Perusahaan yang bernaung di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti yakni Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait SA dan Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) pada Sabtu (18/1/2020) siang.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat Sik MH turut didampingi Kasat Reskrim AKP Ario Damar, Kasat Samapta AKP Erwanto, Kapolsek Merbau Iptu Saharudin Pangaribuan dan Camat Merbau Abdul Hamid.

Dalam kunjungan ke dua Perusahaan itu Polres Meranti beserta rombongan silaturahmi khusus membincangkan perkara kebakaran hutan dan lahan, ia juga mengungkap tujuannya mendatangi Perusahaan-perusahaan tersebut guna untuk mengecek kesiapan sarana dan prasana terhadap bahayanya kebakaran hutan dan lahan.

"Pertama tadi kita ke EMP kemudian kami mengecek dari peralatan baik dari yang kecil sampai yang besar, kemudian dari kendaraannya juga cukup lengkap untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan," tutur Taufiq Lukman.

Dirinya mengatakan, dari pihak Perusahaan RAPP juga memiliki hal serupa, pada dasarnya ke dua PT yang didatanginya itu kondisi sarana dan prasana sudah siap, ia juga berpesan kepada ke dua PT itu yang terpenting adalah upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui berupa himbauan, baik dari TNI, Perusahaan kepada karyawan Babinkamtibmas dan semua elemen. 

"Dari Bapak Kapolda, beliau juga mempunyai program yang ia berharap semua Kabupaten-kabupaten Kota khususnya setiap PT untuk memiliki aplikasi yang tujuannya mendeteksi terjadinya sinyal-sinyal hotspot area wilayah hutan dan lahan," ucap Kapolres.

Lebih jauh dikatakannya, dengan adanya aplikasi tersebut lalu Perusahaan-perusahaan untuk bisa bergabung dan memasang alat itu lalu didaftarkan ke nomor henpond, ditempat-tempat khususnya di Posko-posko disiapkan aplikasi lancang kuning sarana-prasarana alat pemadam kebakaran mempunyai empat satlet diantaranya, Tera, Noa, Aqua dan lahan yang notabenenya sangat kuat mendeteksikan dimana adanya hotspot-hotspot menimbulkan kebakaran lahan dan hutan.

"Intinya semua ini, mempunyai peran aktif baik dari Pemprov, Pemda, Kecamatan dan Desa untuk bisa mengoptimalkan dan mencegah adanya kebakaran hutan dan lahan.

Disamping itu, Area Manager PT EMP Malacca Starit SA, Bonar Ari Nindito, mengungkapkan bahwa pihaknya selalu stanbay saat terjadi kebakaran hutan dan lahan terutama di wilayah konsesi PT EMP Malacca Strait SA.

"Mobil dan peralatan sudah ready dan ini terbatas untuk akses yang dilalui oleh kendaraan, namun untuk area masuk kedalam kita ada punya beberapa portable prepam ada yang besar sampai yang kecil, yang besar 2000 liter permenit, dan yang kecil 1200 liter permenit," ujarnya.

Kata Bonar pula, pihaknya selalu mensupport dan membantu baik warga sekitar wilayah operasi, selalu memberikan peralatan fairtime.

"Fairtime selalu stanby yang dipatroli adalah bagian produksi kami atau dari security, dari pengamanan tersebut biasanya melaporkan ke fairtime yang stanby baru bergerak, kemudian dari wibsite untuk mengecek yaitu satelit lapan," katanya lagi. 

Diakui Bonar, area perusahannya juga merupakan daerah rawan terbakar, dan pihaknya selalu stanby dan selalu monitor adanya hotspot-hotspot yang ada di area sekitar perusahaaan.

"Sesuai dengan arahan pak kapolres, kami akan coba mengunduh aplikasi lancang kuning untuk biar bersinergi dengan pihak kepolisian maupun kecamatan," ungkapnya.

Manager Estate RAPP Pulau Padang, Agil Pramuji, juga mengungkapkan hal yang sama bahwa pihaknya selalu siap dalam menghadapi karhutla.

"Perusahaan siap untuk membantu, selain patroli rutin juga ada tower untuk monitor, kemudian tetap juga menggencarkan sosialisasi terkait untuk pencegahan karhutla. Selain personil kita juga peralatan yang cukup untuk mengantisipasi karhutla, patroli rutin terus dilakukan baik pagi, siang hingga sore hari," ungkapnya. (usu)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top