• Home
  • Meranti
  • Azimat Melayu Pesisir Gelar Yasin Bersama di LAMR Meranti

Azimat Melayu Pesisir Gelar Yasin Bersama di LAMR Meranti

Jumat, 03 Januari 2020 | 21:38
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Komunitas Azimat Melayu Pesisir (AMP) menggelar yasinan bersama, bertempat di Lembaga Adat Melayu Riau (LAM-R), Jalan Dorak, Selatpanjang, pada Kamis (2/1/2020) malam.

Sebuah Komunitas tentang pecinta khazanah kemelayuan perdana lakukan yasin bersama di Balai Adat Kabupaten Kepulauan Meranti, tampak hadir di Yasinan bersama itu Sekretaris LAM-R  sekaligus Kepala Seksi (Kasi) sejarah dan tradisi bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti Datuk Abdullah, OKP Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Tengku Fadli Fakhrudin didampingi Sekjen Indra, Wakil Iwan, Bendahara Tengku Adi, dan beberapa anggota lainnya, Ketua Laskar Hulubalang Melayu Riau (LHMR) sekaligus Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Penyelaras Komunitas AMP Zulfahmi dan beberapa anggotanya.

Kegiatan itu memang sudah direncanakan rekan-rekan AMP itu sebelum Komunitas itu didirikan sehingga sudah dibentuk atau didirikan, Zulfahmi selaku Penyelaras atau menahodai Komunitas tersebut merasa bersyukur karena rasa persaudaraan dan bahu-membahu sangat tercipta. 

Ketua LHMR sekaligus Sekretaris Disparpora Kepulauan Meranti Tengku Arifin menyikap, kegiatan AMP itu sangat disambut baik sehingga ia turut meluangkan waktunya untuk ikut bergabung membaca ayat suci Al-Qur'an atau yasinan bersama.

"Semoga kedepan usai kita membaca Yasin bersama kita luangkan waktu sekira satu jam untuk belajar mendengar tentang sejarah Melayu, bagaimana sopan santun dan tatakrama sebagai anak jati melayu bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari, nanti kita libatkan beberapa teman saya untuk bisa memberi materi tentang kemelayuan," beber Sekretaris itu.

Ia juga menyinggung soal kehidupan masyarakat melayu diera dahulu, baik dari pergaulan maupun adab bicara terhadap seusia, orang muda terhadap yang lebih tua dan lain-lain.

"Dengan kehadiran Komunitas ini bisa menyatukan komponen masyarakat, baik dari kalangan muda, yang tua, honorer, pegawai, Ormas, OKP, Orang partai dan lain-lain karena, bicara Komunitas judulnya pecinta, selama ini ada Komunitas Sepeda, Komunitas Bonsai, Komunitas Rx King, siapa pun bisa ikut karena skopnya pecinta, demikian juga Komunitas AMP ini," terangnya.

Kata Tengku Arifin lagi, semoga kedepannya lebih ramai lagi, ia juga menghimbau kepada seluruh element bisa ikut andil dalam melestarikan khazanah kebudayaan melayu khususnya.

Sementara itu, Ketua LMP Tengku Fadli Fakhrudin atau akrab disapa Yayan mengatakan, meski didalam Komunitas itu ada beberapa wadah Ormas dan OKP yang mencintai khazanah kemelayuan sehingga bersatu untuk berganding tangan bersama Komunitas AMP.

"Saya dan kawan-kawan merasa bangga dan terharu bisa bergabung bersama Komunitas AMP, seperti kita merayakan hari jadi Kepulauan Meranti yang ke Xl kita bersama-sama pawai mengenakan pakaian Melayu klasik," tutur Yayan.

Ia berharap kegiatan seperti yasinan bersama atau agenda lainnya bisa diagendakan setiap bulannya.

"Sepanjang kegiatan itu positif dan mengangkat tentang kemelayuan kami dari LMP siap turun bersama-sama," tutupnya. (usu)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
APBD Meranti 2024 Disahkan Rp 1,3 Triliun
Rabu, 29 November 2023 | 18:49
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top