• Home
  • Meranti
  • Pers Meranti Siap Dorong Pembangunan Daerah

Pers Meranti Siap Dorong Pembangunan Daerah

Jumat, 06 September 2019 | 20:04
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Sejumlah wartawan yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Meranti mulai bersatu. Bahkan, mereka sepakat mendukung dan mendorong pembangunan di daerah agar semakin maju dan berkembang.

Kesepakatan itu tertuang dalam Seminar Jurnalistik tentang Peran Wartawan Dalam Mendorong Pembangunan Negeri, Sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti di Hotel Grand Meranti, Jalan Kartini, Selatpanjang, Rabu (4/9/2019). Persis di akhir kegiatan tanya jawab, sejumlah penggawa organisasi pers duduk bersama.

Sempat terjadi perdebatan hangat, namun tetap kompak dalam membangun Meranti sebagai daerah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemikiran itu juga didasari atas pemikiran Ketua PWI Riau H Zulmansyah saat memaparkan materi tentang peran penting wartawan dalam membangun negeri.

Menurutnya, kekompakan sangat diperlukan. Meski berbeda organisasi, bukan berarti wartawan di lapangan harus terpecah belah. Bahkan, dirinya datang ke Meranti juga untuk meningkatkan kekompakan sesama wartawan.

"Kawan-kawan wartawan di daerah juga harus kompak. Bagaimana mungkin kita bisa membangun negeri, kalau sesama kita berpecah belah", ucap Zulmansyah.

Hal senada juga disampaikan Zufra Irwan, Ketua Komosi Informasi Publik (KIP) Riau yang hadir sebagai narasumber. Ia mengatakan sesungguhnya wartawan itu sama, selagi mampu menjalankan aktivitas wartawan yang sesuai kode etik.

"Makanya kekompakan sangat diperlukan. Mana mungkin bisa membangun kampung jika sesama wartawan tidak bisa bersatu", ucap Zufra.

Menanggapi hal itu, Ketua PWI Meranti Ahmad Yuliar mengatakan bahwa, kegiatan seminar jurnalistik yang digelar kemarin bertujuan menyatukan pers yang ada di Meranti. Sehingga bisa sepakat berperan aktif untuk mendorong pembangunan daerah.

"Melalui kegiatan tersebut kita bisa mendapatkan masukan dari seluruh stake holder yang hadir sebagai peserta. Selain itu, menjadi momentum bagi wartawan untuk mengemukakan hambatan yang dialami di lapangan sehingga bisa diperbai dan dievaluasi secara bersama dalam rangka meningkatkan peran dalam mendorong pembangunan daerah," ujarnya.

Ketua PWRI-B, Nurul Fadli mengaku sangat mendukung kegiatan seminar yang dilaksanakan PWI Meranti. Apalagi kegiatan tersebut juga melibatkan sejumlah organisasi lainnya yang ada di Meranti. Menurut dia, kesempatan itu menjadi momentum untuk meningkatkan kekompakan wartawan yang ada di Meranti.

"Apalagi kita (PWRI-B) bersama organisasi wartawan lainnya di Meranti sudah pernah melakukan kegiatan secara bersama dengan PWI yang sudah kami anggap sebagai saudara tua kami di daerah. Saat itu, kami juga pernah melaksanakan pemotongan hewan kurban yang dipelopori Kabag Humas (Hery Saputra SH) dikantor PWI,. Mudah-mudahan apa yang kita impikan menjadi kenyataan dan Meranti bisa berkembang pesat berkat dukungan dan dorongam wartawan", katanya.

Terkait adanya sedikit perdebatan, ia berharap masing-masing hendaknya saling membuka diri untuk memaafkan. Karena selaku manusia tentu penuh dengan kekhilafan.

"Mari kita lupakan yang telah terjadi, selanjutnya mari kita bersama-sama mebangun daerah yang kita cintai ini", ungkap Ketua PWRI-B itu.

Kegiatan Seminar Jurnalistik tentang Peran Wartawan Dalam Mendorong Pembangunan Negeri yang digelar PWI Meranti kemarin, dibuka oleh Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti H Rosdaner SPdi. Hadir juga Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, didampingi Sekretaris Amril Jambak dan Bendahara Oberlin Marbun dan Narasumber KIP Zufra Irwan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kadis Arsip dan Perpustakan Kepulauan Meranti H Ismail Arsyad, Kadishub Dr Aready, Kepala BPBD M Edy Afrizal, Kabag HumasPro Hery Saputra SH, Ketua PWRI-B Nurul Fadli, Ketua PHRI Uyung Sales, perwakilan dari Polri dan TNI serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti H Rosdaner SPdi, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan PWI Kepulauan Meranti dan berharap sinergi antara wartawan dengan pemerintah maupun masyarakat tetap terjalin dengan baik.

"Kami menyambut baik dan sangat berterimakasih, karena selama ini hubungan kita juga sudah terjalin dengan baik," ujarnya.

Rosdaner berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan tersebut para kuli tinta khususnya di kabupaten termuda di Provinsi Riau itu bisa memproduksi informasi yang bermanfaat. Melalui seminar itu pula, dia berharap kedepan wartawan dengan pemerintah bisa saling bersinergi dalam pembangunan di Kabupaten bungsu di Riau itu.

"Selama ini media sangat membantu dalam pembangunan. Untuk itu mari saling bersinergi sehingga hubungan antara wartawan dan pemerintah maupun masyarakat tetap terjalin dengan baik," ungkapnya.(rls/usu)

Loading...
BERITA LAINNYA
UMK Meranti 2020 Naik Jadi Rp2.983.926,39
Selasa, 05 November 2019 | 21:48
Enam Pelajar di Meranti Diamankan Satpol PP
Senin, 04 November 2019 | 18:44
Perkemahan Pemuda Milenial Resmi Ditutup
Minggu, 27 Oktober 2019 | 21:19
Bahas Narkoba, Granat Temui Kapolres Meranti
Kamis, 24 Oktober 2019 | 17:08
BERIKAN KOMENTAR
Top