• Home
  • Meranti
  • Disparpora Kepulauan Meranti Gelar Bupati Cup Cabor Tinju

Disparpora Kepulauan Meranti Gelar Bupati Cup Cabor Tinju

Kamis, 13 Juni 2019 | 23:59
Saat berlangsungnya konferensi pers, Kamis (13/6/2019)
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Dinas Pariwisata dan Olahraga akan menggelar Bupati Cup Cabor Tinju, konferensi pers terkait Kejuaran Daerah (Kejurda) Cabang Olahraga (Cabor) tinju di Taman Cik Puan Selatpanjang pada 17-21/6/2019 mendatang.

Konferensi pers berlangsung itu di kantor Disparpora lantai dua. Kadisparpora Rizki Hidayat S.Stp, M.Si, didampingi Sekretarisnya Tengku Arifin S.Sos. Kabid Pemuda dan Olahraga Eko Priyono SE. Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Bronika, Juru latih tinju yang sengaja didatangkan dari Pekanbaru Riau, Darman Hutauruk beserta Asisten Pelatih Edi Supyianto pada Kamis (13/6/2019) siang.

Rizki Hidayat dalam pemaparannya mengungkapkan, pasal kejuaraan tinju nanti ia sengaja mengundang awak media untuk disebarluaskan pemberitaan pertandingan kejurda ini sehingga berita ini diterbitkan.

"Ini kejuaraan yang pertama kali yang kita laksanakan di Kabupaten Kepulauan Meranti, oleh sebab itu kami mengundang kepada rekan-rekan media untuk menyebarluaskan sehingga masyarakat yang ada di Kepulauan Meranti dan masyarakat Provinsi Riau bahkan Negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura mengetahui bahwa sebentar lagi Kejurda Yunior youth 2019 di Taman Cik Puan Selatpanjang akan segera dilaksanakan," kata Rizki Hidayat.

Diceritaknnya, tentang pelaksanaan kegiatan itu nanti pada tanggal 17 sore yang akan dibuka resmi oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H.Irwan M.Si, adapun peserta yang akan bertanding di gelanggang yang telah disiapkan itu nanti 12 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Riau, kegiatan tersebut juga akan beralngsung mulai 17-21/6/2019, sehingga star pada pukul 16. 00 WIB sampai pukul 21. 00 WIB dan yang sudah mendaftar 9 Kabupaten Kota.

"Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk memotifasi bagi para atlit tinju khususnya, supaya berlatih lebih baik lagi dan berkompetisi lebih baik," harap Rizki.

Rizki juga mengatakan, cabor tinju itu baru yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, namun meski demikian cabor tinju asal Kepulauan Meranti itu sempat meraih juara di porda tahun 2017 lalu cabor tinju menyumbangkan tiga mendali, yakini dua mendali emas dan satu mendali perunggu sehingga atlit yang unggul itu ditarik untuk menjadi atlit Provinsi.

"Ini suatu peluang bagi kita bahwa ada potensi anak-anak Meranti ini untuk bisa kita jadikan atlit tinju disini, disamping kita melaksanakan pertandingan kejurda itu nanti menjadi ajang promosi, kita juga memberi pengusaha-pengusaha kecil menengah membuka stan-stan untuk mereka berjualan makanan-makanan khas daerah seperti mie sagu, sagu rendang, sagun, dan lain-lain, jadi orang-orang luar bisa tahu potensi yang ada di Kepulauan Meranti.," jelas Rizki.

Dirinya juga mengatakan, terkait kegiatan yang akan dilaksanakannya nanti, ia sudah konsultasi terlebih dahulu kepada Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si sehingga hal tersebut ditanggap baik oleh orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu, bahkan mendapat apresiasi dan pembukaan acara itu nanti akan langsung dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Meranti.

"Kalau soal teknis untuk mengantisipasi curah hujan karena medan kompetisi itu nanti di lapangan, kita menggunakan tenda dan lampuu sorot, kemudian hadiah atau piala sudah kita siapkan baik berupa uang tunai dan mendali untuk juara satu, dua dan tiga untuk putra dan putri," terang Rizki.

Ia menjelaskan sumberdana terkait kegiatan itu dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sejumlah Rp: 175.000.000 dan dari Seponsor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) namun selain dari itu ia juga berpesan kepada masyarakat meranti khususnya, untuk sama-sama mensukseskan acara itu nanti.

"Pada initinya hal tersebut kegiatan kita bersama pasalnya membawa nama Kabupaten kita dan ini bukan kerja saya, pertina dan juru latih tetapi kerja kita bersama sebagai tuan rumah di Bupati Cup ini," pungkasnya.

Sementara itu dari Pertina Bronika mengatakan, ia dari pengurus memikirkan seperti apa kededepannya acara ini nantinya supaya lancar dan dikemas sebaik mungkin serta memberikan yang terbaik.

"Untuk kejuaraan ini kami tidak main-main dan bicara muluk, apa lagi kami mendatangkan pelatih nasional yaitu bapak Darman Hutauruk, sengaja kami datangkan untuk merefresh adik-adik yang biasa latihan, dengan didatangkan pelatih baru mereka lebih banyak mendapat ilmu baru, maka dari itu kami dari pertina kabupaten sudah berembuk untuk mencari solusi terbaik karena target kami mendapat prestasi yang terbaik," ungkap Bronika kepada rekan-rekan media.

Disamping itu pula pelatih dari nasional itu Darman Hutauruk menceritakan bahwa, persiapan dalam waktu singkat ia berupaya untuk bagaimana memenej dan meramu atlit tinju dari Kabupaten Kepulauan Meranti itu bisa memproleh hasik terbaik.

"Hal itu semaksimal mungkin kami laksanakan dengan Bung Edi mudah-mudahan nanti tepatnya dipertandingan kejurda itu nanti menunjukkan peformanya penampilan yang terbaik dan mereka bisa berhasil menjadi yang terbaik dan kalau target itu beban tapi tidak tertutup kemungkinan juga sebab olahraga tinju olahraga tidak terukur karena segala sesuatu bisa terjadi," beber Darman.

Dijelas Darman lagi, ia berharap kepada masyarakat meranti khususnya Riau umumnya tinju di Meranti ini semakin membuming dan semakin ke tingkat nasional menurutnya, putra dari Kepulauan Meranti itu sendiri sudah tiga kali ia bawa mengikuti kejuaraan nasional yaitu di Bengkulu atas nama Rendi Fernanda memproleh mendali perunggu di 2018 lalu dan ditahun yang sama tepatnya di bulan Oktober kejuaraan nasional di Bogor ia juga memproleh mendali yang sama, kemudian di Februari 2019 di Sunatra Barat ia memoroleh mendali emas.

"Rendi juga didampingi rekan-rekan seperjuangannya seperti Yuni Septian dan Defa Darma yang kalau saya lihat mereka sangat berpotensi sekali, Kami berharap semoga tumbuh atlit-atlit lain dari Kabupaten Kepulauan Meranti ini yang tentu lebih menonjol kedepannya," tutupnya. (usu)

Loading...
BERITA LAINNYA
Mekung Cup ke-16 Digelar Agustus Mendatang
Rabu, 17 Juli 2019 | 13:00
BERIKAN KOMENTAR
Top