• Home
  • Meranti
  • Pelapasan Logistik Pemilu 2019 di Kepulauan Meranti Dilakukan Esok

Pelapasan Logistik Pemilu 2019 di Kepulauan Meranti Dilakukan Esok

Minggu, 14 April 2019 | 18:48
Logistik Pemilu di Meranti
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Abu Hamid Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti saat dihubungi (14/4/2019) mengatakan pelepasan akan dilakukan mulai dari Afifa Sport Center, Selatpanjang mulai pagi hari.

"Besok kita akan mulai langsung muat dari Afifa Sport Center," tutur Abu Hamid.

Kepada wartawan, semua proses persiapan sudah dilakukan, dan tinggal melakukan pendistribusian berangkat dari kota Selatpanjang.

"Untuk pendistribusian ke pulau-pulau jauh kita juga sudah persiapkan, besok akan diberangkatkan mulai dari pelabuhan dan didistribusikan ke seluruh kecamatan," kata Abu Hamid.

Ditambahnya lagi, hingga saat ini untuk kekurangan surat suara juga sudah diakomodir jauh hari dan sudah terpenuhi saat ini. Kemarin itu sempat ada kerusakan surat suara hingga 4.000 namun sudah kita penuhi semua," ungkap Abu Hamid.

Sejauh ini dikatakan Abu Hamid bahwa hal yang diantisipasi adalah pendistribusian ke daerahdaerah yang jauh. Selain itu pihaknya juga tetap mengantisipasi kotak suara yang akan didistribusikan. 

"Kalau sekarang kotak suara terbuat dari kardus, sehingga tidak bisa ditumpuk banyak, paling banyak tiga. Kalau dulu pakai aluminium bisa sampai 6 tumpukan," ungkapnya.

Oleh karena itu dikatakan Abu Hamid karena tidak bisa ditumpuk banyak pihaknya juga harus mengeluarkan biaya lebih banyak karena harus diangsur lebih sedikit.

"Karena tidak bisa ditumpuk banyak jadi, harus diangsur bolak-balik. Ini juga membuat biayanya jadi makin besar," ungkapnya.

Abu Hamid yang baru saja dilantik sebagai ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Meranti pada Sabtu (13/4/2019) yang lalu mengatakan tetap optimis bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Kepulauan Meranti bisa berjalan lancar.

"Harapan kami tentunya pemilu berjalan dengan lanca, aman, damai dan tingkat partisi yang cukup tinggi." ujarnya.

Sementara itu Kapolres Kepulauan Meranti AKBP La Ode Proyek SH, menuturkan pihaknya juga sudah siap untuk melakukan pendistribusian logistik Pemilu.

Bahkan Kepulauan Meranti mendapatkan tambahan personil untuk pengamanan personil dari Polda sebanyak 100 orang, Brimob 30 orang dan TNI 30 orang.

"Kita juga mendapatkan bantuan. Untuk personil Kepulaua. Meranti semua ikut serta dalam proses pengamanan Pemilu," ungkap La Ode.

Ia juga mengatakan pihaknya juga terus mensiagakan personil di titik kumpul kotak suara di Selatpanjang. Selain itu personil juga sudah melakukan pengecekan di setiap pelabuhan dan kapal yang akan membawa logistik syarat suara esok hari.

"Personil semua kita bagi dan siagakan di setiap tempat. Jumat kemarin terakhir kita juga sudah cek semua kotak suara dan kapal-kapal yang akan berangkat." ujarnya.

La Ode juga mengatakan bahwa sudah memberi tanda khusus di kotak suara agar tidak tertukar.

"Beberapa kota suara yang didistribusikan jauh juga kita beri tanda agar tidak tertukar," pungkasnya 

Untuk kemanan kotak suara sendiri La Ode sudah berkoordinasi dengan pihak KPU agar mengantisipasi mengingat kemungkinan hujan yang terjadi.

"Kita juga sudah sampaikan ke KPU, jadi kita suara itu dibungkus dengan plastik sehingga lebih kokoh saat dimasukkan ke dalam truk, mengantisipasi juga terjadinya hujan saat pendistribusian," ungkapnya.

La Ode mengatakan bahwa setiap Penditribusian kotak suara personil juga siap mengawal hingga sampai ke TPS. "Jadi bila tempatnya jauh kita bisa sampai turunkan 3 personil untuk mengawal sampai ke tujuan." ungkapnya (zul)

Loading...
BERITA LAINNYA
Tiga Unit Rumah Di Meranti Ludes Dimakan Api
Jumat, 26 April 2019 | 10:06
Logistik PSU 4 TPS di Meranti Dalam Perjalanan
Kamis, 25 April 2019 | 18:04
Pendaftaran Bujang Dara Meranti Telah Dibuka
Senin, 22 April 2019 | 17:17
BERIKAN KOMENTAR
Top