• Home
  • Meranti
  • Said Hasyim Resmikan MTQ Ke-9 di Tebing Tinggi Timur

Said Hasyim Resmikan MTQ Ke-9 di Tebing Tinggi Timur

Senin, 04 Maret 2019 | 09:42
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim membuka secara resmi MTQ Ke-9 Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kegiatan dalam rangka mencari bibit Khafilah terbaik Kecamatan Tebing Tinggi Timur sekaligus meningkatkan minat baca dan pemahaman serta pengamalam Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari itu, dipusatkan di Lapangan Bola Desa Bathin Suir, Sabtu malam (2/3/2019).

Turut mendampingi Wakil Bupati Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Asisten III Sekdakab. Meranti Drs. H. Rosdaner M.Si, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Drs. Husni Gamal, Camat Tebing Tinggi Timur Rayan Pribadi, Ketua LPTQ Meranti, Tokoh Ketua MUI Kecamatan 3 T, Agama/Pemuda/Masyarakat, Sekretaris Dinas Perhubungan, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris Dinas Pendidikan, Para Kepala Desa, dan ratusan masyarakat yang memadati lokasi acara.

Pembukaan MTQ diawali dengan pengibaran bendera MTQ, Pelantikan Dewan Hakim dan Majelis Hakim, Devile Khafilah Perwakilan seluruh Desa, penyerahan Piala Bergilir dari Camat Tebing Tinggi Timur kepada Kades Bathin Suir untuk diperebutkan pada MTQ kali ini dan Penekanan Tombol Sirene oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim yang menandai pembukaan MTQ kali ini.

Dalam kegiatan MTQ yang juga bertujuan sebagai ajang silahturahmi antar masyarakat itu, Wakil Bupati H. Said Hasyim mengucapkan rasa bangga kepada seluruh lapisan masyarakat atas dukungan dan sambutan luar biasa terhadap kegiatan MTQ itu, serta tak lupa  mengucapkan terima kasih kepada Camat yang lama dan baru yang telah sukses menyelenggarakan ajang baca, tulis dan hafal Al-Quran Se-Kecamatan tebing Tinggi Timur tersebut.

Wakil Bupati berharap MTQ yang sangat meriah itu hendaknya juga dibarengi dengan kecintaan generasi muda terhadap Al-Quran baik mampu membaca, memahami serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga muncul generasi Qurani yang dapat membawa keberkahan bagi negeri Meranti.

Lebih jauh dikatakan Wakil Bupati, MTQ kali ini merupakan ajang uji nyali, bakat dan kemampuan para Qori dan Qoriah Kecamatan Tebing Tinggi Timur dalam membaca Al-Quran, kedepan H. Said Hasyim berharap prestasi para Qori semakin meningkat dan dapat diikutsertakan diajang yang lebih tinggi baik Tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional. 

"Dan saya berharap pada MTQ Kabupaten mendatang Kecamatan Tebing Tinggi Timur dapat meraih juara umum," ujar H. Said Hasyim.


Dalam rangka mendukung program seribu Hafiz, Wakil Bupati juga menghimbau para orang tua khususnya generasi muda dapat lebih membumikan Al-Quran karena menurut ya salah satu kunci keberkahan hidup adalah membaca Al-Quran.

"Jangan kita hanya disibukan dengan menonton TV dan bersosial media, mari kita bumikan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari," ungkap Wabup.

Dikatakan Wabup sejak beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten bersama LPTQ terus berupaya menjadikan Meranti sebagai negeri yang Madani sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten dengan mengajak masyarakat mengurangi kemaksiatan salah satu cara yang efektif dengan mendidik generasi muda bisa membaca mengaji dan menghafal Al-Quran.

"Sampai hari ini kita sudah memiliki 1000 orang penghafal Al-Quran," aku Wabup.

Untuk mensukseskan program 1000 Hafiz itu, dikatakan Wabup Pemkab. Meranti juga telah menyediakan honor untuk para guru agama agar lebih bersemangat membina mental dan ahlak generasi muda. 


"Dan kepada para guru agama kita berikan tunjangan yang dikelola oleh Bagian Kesra Sekda Meranti, kedepan jika memungkinkan tunjangan itu akan kita perbesar karena tugas para guru agama dalam membentuk akhlak dan pribadi generasi muda bukan perkara mudah," papar Wabup.

Tak lupa Wabup H. Said Hasyim juga mengucapkan apresiasi kepada Ustadz Saefullah yang telah membangun Pesantren di Sungai Tohor Barat dan kepada para orang tua Wabup menghimbau jangan ragu menyerahkan anak ke Pesantren sebab tidak ada penghafal Al-Quran yang hidupnya susah justru sebaliknya hidup menjadi tenang dan bahagia.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi Timur Rayan Pribadi, berharap para khafilah yang mewakili desa masing-masing dapat memberikan penampilan yang terbaik dalam MTQ Tahun 2019 ini. Sehingga apa yang diharapkan yakni penjaringan para Qori dan Qoriah terbaik dapat terwujud. Nantinya para Qori terbaik hasil seleksi MTQ ini akan dibina secara intensif untuk diikutsertakan pada MTQ Tingkat Kabupatwn yang akan digelar bulan 7 mendatang.

"Semoga para Qori dan Qoriah Tebing Tinggi Timur dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi kedepan, dan semoga dengan penyelenggaran MTQ ini dapat bermanfaat bagi pengembangan Al-Quran di Kepulauan Meranti," ucap Camat 3 T.

Sekedar informasi dalam MTQ Ke-9 Kecamatan Tebing Tinggi Timur ini diikuti oleh perwakilan seluruh Desa yakni Desa Tj. Sari, Sendanu Darul Ikhsan, Nipah Sendanu, Sungai Tohor, Tj. Gadai, Bathin Suir, Teluk Buntal, Desa Kepau Baru, Desa Lukun. Dengan cabang yang diperlombakan yaitu Tilawah Quran, Syahril Quran, Fahmil Quran, Tartil Quran. (rls/zulfahmi)

Loading...
BERITA LAINNYA
Lagi-lagi Atlet SOIna Meranti Raih Juara Dunia
Selasa, 19 Maret 2019 | 14:50
BERIKAN KOMENTAR
Top