• Home
  • Meranti
  • Baznas Meranti Distribusikan 6 Unit Komputer ke MA Hidayatul Mubtadiin di Desa Semukut

Baznas Meranti Distribusikan 6 Unit Komputer ke MA Hidayatul Mubtadiin di Desa Semukut

Jumat, 21 September 2018 | 19:26
KET FOTO: Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti saat menyerahkan bantuan berupa 6 unit komputer secara simbolis ke Sekolah MA Hidayatul Mubtadiin, Kamis (19/9/2018).
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Meranti kembali mendistribusikan bantuan Baznas RI lewat program Zakat Community Development (ZCD). Kali ini bantuan berupa 6 unit komputer untuk tahap awal diserahkan ke Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Hidayatul Mubtadiin Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (19/9/2018).

Tampak hadir Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Sunarto SAg, Koordinator Lapangan Sabahat ZCD, Misbahun Munir SHi, Camat Pulau Merbau, M Nazar SPd MPd, Kemenag Meranti diwakili Kasubag TU, H Zulman, Kepala Sekolah MA Hidayatul Mubtadiin, Tatang Adi Mashudi SAg, Tokoh Masyarakat Desa Semukut KH Zarfoni, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Sekolah MA Hidayatul Mubtadiin, Tatang Adi Mashudi SAg, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas bantuan komputer oleh Baznas RI yang didistribusikan oleh Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti ke sekolah tersebut.

"Kita mengucapkan ribuan terimakasih kepada Baznas yang telah menyalurkan bantuan berupa komputer ke sekolah kami dan tentunya ini sangat membantu. Bantuan ini akan kita manfaatkan dengan sebaik mungkin," tuturnya.

Camat Pulau Merbau, M Nazar SPd MPd, juga mengucapkan terimakasih atas bantuan berupa komputer ke sekolah tersebut. Kemudian diminta kepada pihak sekolah untuk memanfaatkan serta menjaga bantuan tersebut dengan sebaik mungkin.

"Terimakasih kepada Baznas yang telah menyalurkan bantuan, dan kepada penerima manfaat agar bantuan yang telah diberikan untuk dijaga dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kakan Kemenag Meranti diwakili Kasubag TU, H Zulman, meminta kepada penerima manfaat untuk memanfaatkan bantuan yang salurkan oleh Baznas dengan baik.

"Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modren tentunya bantuan komputer ini sangat penting bagi penimba ilmu untuk menambah wawasan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti, Sunarto SAg, didampingi Koordinator Lapangan Sabahat ZCD, Misbahun Munir SHi, mengatakan tujuan dari program ini adalah untuk mengurangi angka kemiskinan serta memberdayakan masyarakat dan meningkatkan taraf perekonomiannya.

"Tujuan program ZCD Baznas ini adalah untuk mengurangi angka kemiskinan. Dengan program tersebut, minimal mereka tidak lagi menjadi mustahik (penerima zakat, red), namun bagaimana mereka bisa berzakat. Untuk itu gunakan sebaik baiknya bantuan ini," kata Sunarto.

Sunarto juga menjelaskan, keberhasilan program ini juga terdapat pada peran para pendamping yang disebut sebagai Sahabat ZCD.

"Keberhasilan program ini juga terdapat pada peran para pendamping, program ini juga dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, untuk itu kita harus sejalan sesuai dengan target zakat kita pada tahun 2018 ini sebesar Rp1,5 milyar, saat ini baru tercapai Rp1,1 milyar," ungkap Sunarto.

Untuk diketahui, Kepulauan Meranti dijadikan Pilot Project untuk program Badan Amil Zakat (Baznas) pusat yakni Zakat Community Development (ZCD). Program dari ZCD tersebut meliputi sektor pertanian, peternakan, perikanan dan usaha produktif lainnya.

Untuk tahap awal bantuan untuk lima desa sudah terealisasi dan didistribusikan melalui program sesuai permintaan warga yang akan dikoordinir langsung oleh Baznas. 

Adapun total usulan anggaran untuk lima desa tersebut sesuai kebutuhan dan jumlah asnaf mencapai Rp2,9 miliar. 

Lima desa tersebut adalah, Tanjung Sari, Beting, Semukut, Pangkalan Balai, dan Desa Centai. 

Untuk Kepulauan Meranti ada 13 desa yang merasakan program ZCD itu, 11 desanya berada di Kecamatan Pulau Merbau, 1 desa di Rangsang Pesisir yakni Desa Beting, 1 desa lainnya berada di Kecamatan Tebing Tinggi Timur yakni Desa Tanjung Sari. Total nilai Zakat yang akan disalurkan untuk keseluruhan mencapai Rp.11 miliar setiap tahunnya. (red/gun)


BERITA LAINNYA
Miliki Shabu, Tiga Warga Meranti Dibekuk Polisi
Minggu, 21 Oktober 2018 | 22:07
BERIKAN KOMENTAR
Top