• Home
  • Meranti
  • Mahasiswa Kukerta Tematik di Rangsang Bentuk Pokdarwis

Mahasiswa Kukerta Tematik di Rangsang Bentuk Pokdarwis

Selasa, 07 Agustus 2018 | 10:44
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Melanjutkan program kerja pengembangan Wisata Tasik Air Putih oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Tematik membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Demikian disampaikan Koordinator Desa Kukerta UR Desa Teluk Samak, Ranggawan Nurdin, kepada RiauGreen.com, Selasa (7/8/2018) siang.

"Didalam kelanjutan proker pengembangan wisata Tasik Air Putih  yang berada di Kecamatan Rangsang oleh Mahasiswa KKN Tematik, maka dari itu kami membentuk masyarakat sadar wisata yang langsung di   naungi  oleh dinas Pariwisata melalui program dinas yaitu Pokdarwis," ungkap Rangga.

Diungkapkan Rangga, kelompok ini merupakan kelompok sosial yang dibentuk sebagai wujud rasionalitas dari tindakan sosial masyarakat.

"Pokdarwis dibentuk dengan tujuan sebagai pengggali potensi yang ada di Kecamatan Ramgsang serta untuk mempromosikan Kabupaten Kepualuan Meranti. Secara tidak langsung tujuan dari pembentukan dari kelompok sosial ini adalah untuk meningkatkan pendapatan dari anggota," ungkap Rangga.

Dijelaskan Rangga, pembentukan Pokdarwis juga merupakan langkah nyata dari program pemerintah guna meningkatkan potensi wisata di setiap daerah.

Adapun struktural pembentukan Pokdarwis yakni:
Ketua: Supian S
Sekretaris: Suryadi
Bendhara: Ali akar
Ka. Bidang Humas: Tukiran
Ka. bdang Keamnan: Muhayan
Ka.  Bdang Pelestarian: Ahmad Arifin
Ka. Bidang Kebersihan: Supri Junaidi. 

Sebagaimana diketahui, Pokdarwis merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata daerah dan mensukseskan pembangunan pariwisata nasional.

Dengan demikian kelompok sadar wisata merupakan kelompok yang tumbuh atas inisiatif dan kemauan serta kesadaran masyarakat sendiri guna ikut berpartisipasi aktif memelihara dan melestarikan berbagai obyek dan daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan pembangunan kepariwisataan di daerah. (rls/gun)
Loading...

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top