• Home
  • Meranti
  • Tiba di Batam, Satu JCH Asal Meranti Ditunda Berangkat ke Mekah

Tiba di Batam, Satu JCH Asal Meranti Ditunda Berangkat ke Mekah

Senin, 06 Agustus 2018 | 18:11
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Seorang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti atas nama Kartini (61 th) ditunda berangkat ke tanah suci setelah tiba di Embarkasi Batam karena sakit.

Sebelumnya JCH asal Meranti yang tergabung dalam Kloter 17 bersama Kabupaten Pelalawan ini tiba di Batam pada Sabtu (4/8/2018) menggunakan jalur laut, dan berangkat ke Mekkah pada Minggu (5/8/2018) pukul 13:30 WIB, setelah sebelumnya menginap di Asrama Haji Batam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Meranti, H Darwison MAg, mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter embarkasi, menyatakan JCH atas nama Kartini tidak istitho'ah (tidak mampu karena sakit) dalam hal kesehatan untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

"JCH kita atas nama Kartini usia 61 tahun gagal berangkat karena sakit, saat ini sedang dalam perawatan," tutur H Darwison MAg, Senin (6/8/2018).

Dia menjelaskan, Kartini terpaksa harus menunda keberangkatannya ke tanah suci lantaran kondisi kesehatannya tidak memungkinkan.‎  Kadar hemoglobin (HB) tamu Allah itu turun drastis sehingga tidak diperbolehkan melanjutkan penerbangan menuju Mekkah.

"Pasien sudah menjalani transfusi darah kemaren, dan rencananya akan diberangkatkan hari ini (Senin, 6 Agustus 2018, red) tergabung kedalam Kloter 18, namun setelah pulih, kesehatan pasien tiba-tiba menurun dan kembali menjalani perawatan, sehingga keberangkatannya kembali dibatalkan," kata H Darwison.

Lebih lanjut dikatakan, Kartini akan tetap berangkat jika kesehatannya benar benar pulih.

"Jika besok kesehatannya pulih, dia akan kita berangkatkan dalam Kloter 19 tergabung bersama jamaah Riau, Kepri dan Kalimantan Barat, pokoknya selagi ada yang berangkat, kita berangkatkan," ungkap Darwison.

Saat ini sebanyak 79 Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Kepulauan Meranti dan 2 pendamping haji yang tergabung dalam kloter ke 17 tersebut sudah tiba di Mekkah. Pesawat Saudi Airline  Boeing 747- 428 dengan nomor penerbangan SV5721 yang dikemudikan oleh pilot Muhdizat mendarat dengan mulus di Bandara

King Abdul Aziz, Mekkah, Arab Saudi sekira pukul 22:30 waktu setempat setelah menempuh perjalanan selama 9 jam. (red/gun)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top