• Home
  • Meranti
  • Kepulangan Atlet SOIna Meranti Disambut Dengan Ditaburi Beras Kunyit

Kepulangan Atlet SOIna Meranti Disambut Dengan Ditaburi Beras Kunyit

Senin, 23 Juli 2018 | 21:40
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Kepulangan sebanyak 11 atlet beserta pelatih dan oficial Special Olympics Indonesia (SOIna) Kepulauan Meranti tiba di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Senin (23/7/2018) sore ditaburi beras kunyit.

Kepulangan atlet sebagai juara setelah berlaga memperkuat tim Lancang Kuning, Propinsi Riau di Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Special Olympics Indonesia (SOIna) ke VIII di Pekanbaru pada 19-21 Juli.

Pada even kompetisi olahraga tunagrahita tingkat nasional empat tahunan itu atlet SOIna Kepulauan Meranti meraih 6 medali emas, 5 perak dan 2 perunggu. Dan secara keseluruhan, kontingen Riau sukses meraih 18 medali emas, 17 medali perak, dan 17 medali perunggu.

Pada even itu atlet yang dikirim Pengcab SOIna Kepulauan Meranti mengikuti 4 cabang olahraga (Cabor) dari 11 Cabor yang dipertandingkan. Keempat Cabor tersebut yaitu, Futsal, sepak bola putri, bulutangkis, dan basket.

Kedatangan atlet disabilitas itu disambut oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Rizky Hidayat, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinsosP3APPKB) Kepulauan Meranti, Drs Asrorudin, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Ketua SOIna Kepulauan Meranti, Syafrizal, dan Bujang Dara Kepulauan Meranti. 

Penyambutan dilakukan dengan pengalungan bunga dan pelukan hangat serta tradisi Melayu dalam menyambut tamu agung yakni dengan menyiram dengan menaburkan beras kunyit.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kepulauan Meranti, Rizky Hidayat mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh para Atlet SOIna Kepulauan Meranti yang telah mengharumkan nama Riau di tingkat nasional dan Indonesia ditingkat internasional nantinya. 

"Saya minta kepada para atlet untuk mengembangkan prestasi yang telah diraih sehingga menjadi motivasi para atlet lain untuk kedepannya. Kita juga sangat berharap agar atlet mempertahan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih dengan rajin berlatih," kata Rizky Hidayat.

Selain itu Disparpora Kepulauan Meranti sangat mendukung dan siap mendampingi para atlet SOIna hingga ke tingkat internasional nantinya.

"Empat atlet SOIna ini dipastikan memperkuat Indonesia pada SWOSG 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan yang lainnya akan menyusul. Untuk itu saya sangat berharap kepada kalian semua, dapat mempertahankan dan berlatih supaya lebih baik lagi di tingkat international," kata Rizki.

Loading...
"Kalau memang SOIna yang lebih baik dan naik untuk memperkenalkan Meranti di tingkat nasional dan internasional, maka nanti akan kita naikkan, karena banyak cara memperkenalkan Meranti di tingkat dunia, dan itu akan kita kawal terus," ungkap mantan Camat Tebingtinggi itu.

Untuk diketahui, atlet SOIna Kepulauan Meranti Dipastikan akan memperkuat Timnas Indonesia pada Special Olympic World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi 2019 mendatang.

Mereka adalah Alexli Francius dan Jennika atlet dari cabang olahraga (Cabor) Bulu Tangkis, serta Carlos dan Sandy atlet dari cabor Basket.

Ketua Special Olympics Indonesia (SOIna) Kepulauan Meranti, Syafrizal mengatakan target untuk melibatkan banyak atlet dari Kota Sagu dalam memperkuat Indonesia pada SWOSG 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab sudah tercapai.

"Target untuk melibatkan banyak atlet dari Meranti untuk bertanding di tingkat internasional sudah tercapai. Saya pun optimis mereka juga akan menyumbangkan medali untuk Indonesia. Soalnya atlet SOIna Meranti pernah menyabet 2 medali emas dan 1 medali perak di ajang SWOSG di Athena, Yunani pada 2011 silam," ujar Syafrizal. (red/gun)

BERITA LAINNYA
Miliki Shabu, Tiga Warga Meranti Dibekuk Polisi
Minggu, 21 Oktober 2018 | 22:07
BERIKAN KOMENTAR
Top