• Home
  • Meranti
  • Mantap, PNS Meranti Bisa Naik Pangkat Otomatis dengan e- Sagu

Mantap, PNS Meranti Bisa Naik Pangkat Otomatis dengan e- Sagu

Rabu, 16 Mei 2018 | 18:38
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepulauan Meranti menggelar sosialisasi kenaikan pangkat otomatis bagi PNS yang menjadi bagian dari aplikasi e-SAGU atau lebih dikenal dengan Sistem aplikasi Generasi Unggulan.

Aplikasi ini dibangun oleh Tim IT Badan Kepegawaian dan Bagian Kominfo Kepulauan Meranti guna optimalisasi pelayanan di bidang kenaikan pangkat dan informasi kepegawaian lainnya.

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kepulauan Meranti, Heri Saputra SH mengatakan dengan aplikasi ini, PNS semakin dimudahkan dan gtidak perlu bolak balik mengantar berkas ke BKD karena pangkat mereka secara otomatis akan naik. Jadi tidak ada lagi berkas yang tebal dan mengisi data oleh PNS.

"Kita mengubah proses pemberkasan, dari manual menjadi digital. Intinya sistem layanan ini adalah untuk mempermudah kerja PNS, terkadang kita kasihan melihat PNS kita meluangkan waktu berhari-hari hanya untuk mengurus pangkat apalagi sampai meninggalkan tugas pokok," kata Heri, Rabu (16/5/2018).

"Hadirnya aplikasi ini diharapkan mampu memberi kenyamanan bagi PNS tanpa disibukkan dengan urusan kenaikan pangkat untuk kemudian dapat fokus pada pekerjaan melayani masyarakat," kata Heri lagi.

Heri Saputra juga mengatakan, aplikasi ini merupakan wujud dari komitmen BKD Kepulauan Meranti dalam memberikan pelayanan, cepat, mudah dan transparan. Dengan aplikasi ini tentunya PNS akan lebih fokus pada pelayanan pada Masyarakat tanpa memikirkan lagi soal pangkat personal, karena secara otomatis pangkat PNS akan diproses oleh masing-masing kasubbag Kepegawaian dan umum pada tiap OPD. 

"BKD berkomitmen mewujudkan manajemen kepegawaian terintegrasi dan berbasis teknologi informasi. Aplikasi ini akan menjawab kebutuhan PNS di lingkungan Pemerintah Kepulauan Meranti yang menginginkan adanya kenaikan pangkat tanpa perlu melakukan usulan kenaikan pangkat ke BKD terlebih dahulu," kata Heri.

Selain efisiensi waktu pengurusan, yang mendasari BKD mengembangkan aplikasi ini kata Heri adalah permasalahan berkas yang terus menumpuk.

"Yang mendasari kita membuat aplikasi ini untuk memudahkan kerja BKD, karena saat ini berkas sudah banyak menumpuk dan sistem antri yang tidak berkesudahan. Dengan aplikasi ini nantinya kita tidak butuh kertas lagi, cukup dengan sekali klik, maka semua database pegawai bisa kita akses serta untuk memudahkan kami untuk melakukan monitoring dan bahan promosi jabatan," ungkap Heri.

Aplikasi e - SAGU ini akan digunakan pada bulan Juli mendatang, dan bisa diakses oleh masing masing PNS.

"Saat ini masih proses memasukkan database. Nantinya PNS bisa mengecek datanya sendiri lewat smartphone dengan menggunakan akun pribadi, karena aplikasi ini bisa diunduh di Playstore, progress masih 60 persen, mudah - mudahan bulan Juli mendatang sudah bisa dipakai," kata Heri. (gun/HR)

BERITA LAINNYA
DPMD Meranti Gelar Sosialisasi dan Pelatihan SPM Desa
Selasa, 25 September 2018 | 12:37
Sekda Meranti Pimpin Rakor Tim Saber Pungli
Jumat, 21 September 2018 | 12:54
BERIKAN KOMENTAR
Top