• Home
  • Meranti
  • Terkait Dokumen Kapal Berbendera Taiwan, Ini Tanggapan KSOP Selatpanjang

Terkait Dokumen Kapal Berbendera Taiwan, Ini Tanggapan KSOP Selatpanjang

Rabu, 18 April 2018 | 19:59
Suharto
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Terkait Kelengkapan Dokumen kapal berbendera Taiwan bernama DA WEI NO. 13 dengan BJ 4649 yang diamankan oleh Kapal Patroli 15048 Bea Cukai Bengkalis, pada Minggu (15/4/2018) lalu, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang mendapat informasi bahwa Dokumen Kapal bewarna putih tersebut dinyatakan lengkap.

Begitu juga dengan kelengkapan seluruh dokumen yang dikantongi oleh kapal dan awak kapal, semuanya tidak ada masalah. 

"Menurut informasi yang kita dapat dari pihak Bea dan Cukai bahwa dokumen kapal itu semuanya lengkap dan tidak ada masalah," ujar Kepala Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Selatpanjang, Usman Ys Melalui Kasi Keselamatan Berlayar Suharto, kepada RiauGreen.com, pada Rabu (18/04/2018) diruang kerjanya.

Ditambahkan Suharto, pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya muatan berbahaya atau narkoba di atas kapal ikan asing tersebut.

"Pemeriksaan dilakukan untuk menyusuri adanya dugaan narkoba didalam kapal," ungkapnya.

Dijelaskan Suharto, kapal Da Wei No.13 CT-2649 tersebut, bertolak dari Mauritus Afrika Selatan, menuju Singapore untuk mengisi bahan bakar dan melanjutkan perjalanan menuju ke Taiwan.

Namun parahnya, saat didalam perjalanan menuju ke singapore, kapal super canggih dengan dua radar dan tiga GPS tersebut nyasar memasuki perairan Indonesia. 

Ia juga mengaku percaya sepenuhnya terhadap hasil pemeriksaan kapal ikan berbendera Taiwan oleh tim gabungan pada Senin (16/4) sore kemarin.

Menurutnya Tim gabungan yang diceritakan terdiri pihak Bea dan Cukai Batam, Bengkalis, Pusat, DirNarkoba Mabes Polri, Wadir Narkoba Polda Riau beserta jajaran, Sat Narkoba Polres Meranti, Imigrasi Selatpanjang, serta KSOP Selatpanjang.(red/gun)

BERITA LAINNYA
Paskibraka Meranti Resmi Dikukuhkan
Rabu, 15 Agustus 2018 | 22:13
BERIKAN KOMENTAR
Top