• Home
  • Meranti
  • Bappeda Meranti Gelar Rakor Review Narasi dan Matriks Rencana Aksi Daerah SDGs

Bappeda Meranti Gelar Rakor Review Narasi dan Matriks Rencana Aksi Daerah SDGs

Rabu, 18 April 2018 | 10:55
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kepulauan Meranti dalam hal ini Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepulauan Meranti menggelar rapat koordinasi (Rakor), Revies Narasi dan Matrik Rencana Aksi Pembangunan Daerah Berkelanjutan (SDGs), kegiatan dalam rangka menjaga pembangunan demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat berkelanjutan itu, dipusatkan di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Rabu (18/4/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bappeda Kepulauan Meranti H. Mamun Murod, Narasumber dari Bappeda Provinsi Riau, Kepala Dinas/Badan dan Bagian dilingkungan Pemkab Meranti.

Seperti dijelaskan oleh Kepala Bappeda Meranti, kegiatan ini sangat penting dalam menyempurnakan narasi dan matrik rencana akai daerah yang telah disusun oleh seluruh OPD yang ada. Sehingga tersusun rencana aksi daerah yang benar-benar sesuai dengan kondisi yang dihadapi dan kebutuhan masyarakat daerah.

Dan yang tak kalah penting adalah menjalankan amanat Peraturan Presiden, yang mengintruksikan dalam setiap penyusunan rencana pembangunan daerah harus mencantumkan SDGs.

Dalam rapat yang melibatkan seluruh OPD dilingkungan Pemkab Meranti tersebut diinformasikan Provinsi Riau telah ditunjuk oleh Bappenas untuk menjadi percontohan SDGs karena dianggap paling siap. Selama itu berlangsung Provinsi Riau telah didatangi oleh Pemda Provinsi seperti Provinsi Jawa Barat, Banten, dan lainnya. Seperti diakui oleh pihak Bappeda Provinsi Riau, dengan pertimbangan pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan telah terpilih 3 Kabupaten menjadi asistensi SDGs Provinsi Riau, salah satunya Kepulauan Meranti. Kota Meranti.

Adapun beberapa poin yang menjadi fokus penyusunan SDGs meliputi beberapa indikator yakni Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Kesetaraan Gender, Air Bersih dan Sanitasi Layak, Energi Bersih dan Terjangkau, Pekerjaan Layak dan Penumbuhan Ekonomi, Industri. Inovasi dan Infrastruktur, Berkurangnya Kesenjangan, Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, Penanganan Perubahan lklim, Ekosistem Lautan, Ekosistem Daratan, Perdamaian. Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. 

Dari penjelasan dari Pemerintah Provinsi dari hasil Review Bappeda Provinsi beberapa Matriks dan Narasi SDGs Kabupaten Meranti, masih perlu penyempurnaan di beberapa indikator. Salah satunya pengisian Form yang mencantumkan objek pertimbangan SDGs, salah satunya ketersediaan pelabuhan strategis dan lainnya.

Menyikapi masalah ini OPD terkait diminta untuk menyempurnakan Matriks indikator SDGs itu. Dalam kegiatan itu masing masing Pokja bergerak cepat untuk mencapai target penuntasan SDGs paling tidak mencapai 90 persen.(hms/gun)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top