• Home
  • Meranti
  • Terkait Temuan Cacing Pita Didalam Kaleng Ikan Sardin, Ini Tanggapan Diskes Meranti

Terkait Temuan Cacing Pita Didalam Kaleng Ikan Sardin, Ini Tanggapan Diskes Meranti

Rabu, 14 Maret 2018 | 13:41
KET FOTO: Refiadi (baju putih) saat berbincang-bincang dengan wartawan
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Terkait adanya temuan cacing pita didalam kaleng ikan sarden yang menghebohkan warga Selatpanjang, Selasa (13/3/2018) lalu, pihak Diskes Kepulauan Meranti menanggapi hal tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti dr. Irwan Suwandi, melalui Kasi Kefarmasian Alkes dan PKRT Refiadi S Farm Apt, saat ditemui wartawan pada Rabu (24/3/2018)siang, menyebutkan bahwa terkait temuan warga adanya cacing pita didalam kaleng sardin itu sangat berbahaya bagi kesehatan jika mengonsumsinya.

"Jika sempat dikonsumsi ya itu tentu sangat berbahaya, dan biasanya berawal dari sakit perut kemudian juga bisa menimbulkan gejala-gejala lainnya," ungkap Refiadi.

Dijelaskan Refiadi, menindaklanjuti persoalan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Disperindag Kepulauan Meranti, hanya saja dari pihak Diskes belum bisa bertindak lebih jauh karena barang bukti berupa ikan sarden tersebut telah dibuang oleh sipenemu awal.

"Kita siap turun dan mengecek kelapangan, namun barang buktinya telah tiada, jadi kita belum bisa menindaklajuti lebih jauh, karena barang bukti itu akan kita lakukan pengecekan di labor baru bisa tau hasilnya seperti apa," jelas Refiadi.

Meski demikian, pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan selalu waspada dalam mengonsumsi bahan makanan dan sebagainya.

"Selain dari pengawasan instansi terkait, masyarakat juga harus ekstra hati-hati dalam membeli barang, harus dilihat dulu masa kadaluarsa dan kualitas barang itu," ingat Refiadi.(gun)

BERITA LAINNYA
Sekda Meranti Pimpin Rakor Tim Saber Pungli
Jumat, 21 September 2018 | 12:54
Sekda Meranti Buka Rakor ULP se Provinsi Riau
Kamis, 20 September 2018 | 15:35
BERIKAN KOMENTAR
Top