• Home
  • Meranti
  • Irwan Ingatkan ASN Laksanakan Tugas dan Tanggung Jawab Dengan Baik

Irwan Ingatkan ASN Laksanakan Tugas dan Tanggung Jawab Dengan Baik

Rabu, 17 Januari 2018 | 15:36
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si bertindak sebagai pembina upacara 17 hari bulan dilingkungan Pemkab. Meranti, dalam kegiatan apel rutin tersebut, Bupati meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab, karena masyarakat membutuhkan pelayanan prima dari aparatur. Bertempat di Halaman Kantor Bupati, Rabu (17/1/2018).

"Melalui apel ini mari terus kita gelorakan semangat dan kedisiplinan sebagai PNS maupun Non PNS, kegiatan ini hendaknya jangan dianggap sebagai kegiatan rutin belaka tapi sebuah wadah untuk menciptakan ASN yang bertanggung jawab sesuai dengan amanah yang telah diberikan," ujar Bupati Meranti.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, memasuki pertengahan Januari 2018, Ia meminta dalam waktu yang tidak terlalu lama seluruh OPD dapat melaksanakan tugas yang diagenda Pemda tahun 2018. 

"Jangan berlena dan bersantai lagi dengan asumsi kegiatan baru akan dimulai bulan Maret dan April. Saat ini Pemda harus bisa menyesuaikan dengan agenda masyarakat karena masyarakat tidak bisa menunggu, apakah anggaran sudah turun atau belum," jelas Bupati.

Menurut Bupati, masyarakat terus menuntut pelayanan dari hari kehari, agar pelayanan tidak terkendala , Bupati meminta pejabat Eselon II dan III terus menyiapkan semua administrasi yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan termasuk berkoordinasi dengan semua pihak. 

"Jangan sampai pejabat lalai dan alpa terhadp tugas-tugasnya. Kepercayaan yang diberikan bukan suatu yang tidak bernilai karena bukan semua ASN yang dipercayakan amanah. Oleh karena itu laksanakan tugas dengan baik karena yang dipilih orang yang diberikan kepercayaan," paparnya.

Bupati tidak ingin ketika kepercayaan belum didapat maka semua berlomba untuk meraihnya namun ketika sudah didapat cenderung lari dari tugas dan tanggung jawab.

"Perlu disadari untuk mendapat kepercayan itu bukan mudah, jika alpa niscaya kepercayaan itu akan pergi dan tak tahu kapan akan diberikan lagi. Jika dilaksanakan dengan baik pastinya karier pegawai akan lebih baik dimasa yang akan datang," ucap Bupati lagi.

Dijelaskan Bupati, seiring ekonomi global saat ini, data ekonomi makro ditahun 2018 diprediksi akan terus membaik diharapkan akan terjadi perbaikan ekonomi global di 2018. Artinya menjadi  harapan dan peluang bagi Pemda untuk mensejahterakan masyarakat semakin terbuka, namun penggunaan anggaran yang ada harus dikelola dengan baik.

Bupati juga menghimbau PNS dalam mengelola anggran pemerintah yang nota bene uang takyat hendaknya dilakukan secara efisien, penghematan mau tak mau harus dilakukan. 

"Penghematan dapat dimulai dari diri sendiri jika bekerja disuatu unit sekiranya tidak ada pekerjaan yang mendesak jangan menggunakan komputer secara berlebihan yang berdampak pada biaya listrik begitu juga pemakaian ATK. Jika dihitung tiap pribadi memang tidak banyak tapi jika di total tentu biayanya bisa miliaran bayangkan jika digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, mulailah dari hal yang kecil ini dan jadikan sebagai bagian dari hidup kita," jelasnya lagi.

Pada kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti juga menyampaikan terkait penerimaan PNS Tahun 2018 ini, Dimana Pemda Meranti akan melakukan penerimaan PNS dan mendapat jatah 131 orang. 

"Proses penerimaan sama dengan tahun sebelumnya tidak ada lagi celah dan ruang untuk mengurusnya dari pintu belakang, karena menjadi PNS dibutuhkan kemampuan dan kualitas SDM yang bersangkutan," ungkap Bupati.

"Persiapan diri mulai dari sekarang jangan sampai kesempatan itu kembali dimanfaatkan oleh orang yang berasal dari luar daerah," aku Bupati merasa prihatin.

Bupati juga mengingatkan PNS yang telah diterima untuk tidak buru buru mengajukan pindah, sebab jika pindah tentu akan terjadi kekosongan yang berdampak pada menurunya kualitas pelayanan terhadap masyarakat. "Tunaikan janji PNS sebagaimana yang diucapkan saat diterima dulu," pungkas Bupati. 

Sekedar informasi dalam upacara 17 Hari Bulan, dilingkungan Pemkab. Meranti, Bupati juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada Koperasi yang meraih prestasi terbaik ditingkat Provinsi diantaranya kepada perwakilan Koperasi Sri Mersing Kecamatan Tebing Tinggi, Koperasi Bintang Sewu Kecamatan Rangsang, Koperasi Wanita Muslim NU Kecamatan Tebing Tinggi, Koperasi Jasa Tani Kecamatan Merbau, Koperasi As Sakinah Kecamatan Merbau, Koperasi Usaha Maju Tebing Tinggi.(hms/red)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top