• Home
  • Meranti
  • BKKBN Riau Laksanakan Pencanangan TNI KB- Kes Sekaligus Peresmian Balai Penyuluhan dan Pencanangan Kampung KB di Desa Insit

BKKBN Riau Laksanakan Pencanangan TNI KB- Kes Sekaligus Peresmian Balai Penyuluhan dan Pencanangan Kampung KB di Desa Insit

Kamis, 23 November 2017 | 15:27
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Riau, melaksanakan Pencanangan TNI KB- Kesehatan Tahun 2017 PKK KB Kesehatan, Peresmian Balai Penyuluhan  KB dan Pencanangan Kampung KB. Kegiatan dilaksanakan di Dusun Seringgam, Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Riau, Kamis (23/11/2017) siang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim, Wakil DPRD Kepulauan Meranti, Muzammil Baharuddin, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Riau, Drs Agus Putro Proklamasi MM, Kepala Bidang Advokasi Penggerak Informasi (Avpin) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Riau, Joniwar SE MSi, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP La Ode Proyek, Pabung Dandim 0303 Bengkalis, Mayor Inf Hasan Ibrahim, Koramil 02 Tebing Tinggi, Mayor Bismi Tambunan, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Drs Asroruddin, Ketua Tim Penggerak PKK Meranti Hj Nirwana Sari Irwan, Ketua BKMT Meranti Hj Syamsidar Said Hasyim, dan seluruh camat, serta sejumlah Kades.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua IDI Kepulauan Meranti dr Misri Hasanto, dalam sambutannya menyampaikan program KB Kes yang diselenggarakan yakni bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

dr Misri mengatakan bahwa program KB- Kes diikuti sebanyak 360 orang dengan rincian  masing-masing kecamatan sebanyak 40 orang.

Misri berharap, program keluarga berencana kedepan supaya berkomitmen kepada pelaksanaan pembangunan kependudukan, agar pembangunan kependudukan KB kesehatan dapat dilaksanakan secara optimal dan konsisten.

"Perlu disusun langkah-langkah menata kelembagaannya dan mempertahankan kelangsungan pelaksanaan program yang sesuai dengan tujuan menuju keluarga sehat, sejahtera dan mandiri dengan mewujudkan dua anak lebih baik," harapnya. 

Selanjutnya, Camat Tebing Tinggi Barat Helfandi menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberi kepercayaan Kecamatan Tebing Tinggi Barat sebagai tuan rumah kegiatan.

"Ucapan terimakasih juga kepada pihak Koramil 02/Tebing Tinggi yang turun langsung dalam rangka mensukseskan kegiatan ini, dan ini tentunya tidak terlepas dari setiap usaha dan kerja keras kita bersama," ujar Helfandi.

Wabup Said Hasyim dalam sambutannya menjelaskan, Kampung KB merupakan suatu wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiiiki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK). Dengan pembangunan sektor terkait yang diiaksanakan secara sistamik dan sistematis.

"Kampung KB pertama di Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat di Desa Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi, dimana pembentukan kampung KB merupakan tindak lanjut arahan Bapak Presiden Republik Indonesia agar program KB manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat yang ada diwilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan diseluruh tanah air," ungkapnya.

Wabup Said Hasyim juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan program KB dan kependudukan berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembangunan secara keseluruhan karena penduduk merupakan subjek sekaligus objek pembangunan. Oleh sebab itu pertumbuhan penduduk harus dikendaiikan dan dikelola dengan baik.

Ditambahkan orang nomor dua di Kepulauan Meranti itu, penduduk yang berkualitas merupakan modal panting bagi proses pembangunan sementara pertambahan penduduk yang tidak terkendali akan menjadi bahan bagi pembangunan salah satu penyumbang pertambahan penduduk Kabupaten Kepulauan Meranti adalah disebabkan oleh banyak hal dimana salah satunya yaitu tingginya penduduk usia produktif, pernikahan usia muda dan pendatang yang mencari pekerjaan di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Pencanangan kampung KB juga dipadukan dengan kegiatan penyediaan pelayanan KB melalui TNI KB-Kes. Saat ini TNI mempunyai andil daIam mensukseskan kegiatan KB sehingga dapat membantu terwujudnya program "Kampung Keluarga Berencana" disetiap Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan ini pada intinya menjalin kebersamaan antara unsur TNI, Pamerintah Daarah, dukungan masyarakat dan pihak terkait dengan tujuan memotivasi masyarakat khususnya para pasangan usia subur untuk ber-KB serta meningkatkan capaian ber-KB bagi akseptor KB dan meningkatkan kesehatan Ibu," jelasnya.

Lebih jauh di terangkan Wabup, pada saat ini sedang menghadapi banyak tantangan dan kendala, antara Iain dalam menurunkan tingkat kelahiran menyediakan pelayanan KB yang mudah dijangkau meIakukan komunikasi Informasi dan edukasi bagi terbentuknya ukuran kaluarga yang Ideal serta penggalakan KB pria. Termasuk didalamnya adaIah program untuk memperkuat ketahanan dan meningkatkan pandapatan keluarga. Tantangan dan kendala yang dihadapi hendaknya tidak membuat semangat kita menjadi kendur dan rapuh, apaIagi putus asa.

"Selamat melaksanakan kegiatan penyediaan pelayanan KB melalui TNI KB- Kes, dan pencanangan kampung KB, semoga melalui kegiatan ini kita semua bisa membentuk keluarga kecil sejahtera, harmonis, dan berkualitas," harap Wabup Kepualuan Meranti.

Sementara itu, Pabung Dandim 0303 Bengkalis, Mayor Inf Hasan Ibrahim dalam kesempatan itu juga menyampaikan, dengan pesatnya pembangunan kependudukan hendaknya perlu diimbangi  dengan program bhakti sosial yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan  kualitas penduduk dan sekaligus berkontribusi terhadap pengendalian pertumbuhan penduduk.

Program ini merupakan investasi jangka panjang yang keberhasilannya akan menjadi dasar tumbuhnya keluarga yang berkualitas yang pada akhirnya memberi peluang bagi terciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas sehingga tercipta generasi yang tangguh dan mandiri dimasa depan.

"Guna mendukung program pemerintah ini saya berharap kepada seluruh jajaran korem 031/Wirabima, khususnya Kodim 0303/Bengkalis  sampai ke tingkat desa agar selalu siap melaksanakan dan menjadi motivator program KB, bagi seluruh instansi yang terkait seluruhnya diharapkan ikut mensukseskan program KB agar tercapainya tujuan pemerintah yakni dengan menekan lajunya pertumbuhan penduduk. Kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami juga menghimbau agar melibatkan personil TNI yang ada di wilayahnya daalm melaksanakan program KB dengan segala keterbatasan yang ada," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Riau, Drs Agus Putro Proklamasi mengatakan pencanangan TNI KB Kesehatan tingkat kabupaten ini menjadi yang pertama di Kepulauan Meranti yang akan diterapkan di 9 kecamatan, selanjutnya akan dilanjutkan di 8 kecamatan yang akan dipusatkan di Puskemas.

"Ini kabupaten yang melaksanakan kerjasama dengan BKKBN Propinsi Riau. Kampung KB ini dimaksudkan untuk mengatasi laju pertumbuhan penduduk," kata Agus.

Program KB Kes yang diselenggarakan kata Agus yakni bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Dengan adanya kampung KB diharapkan dapat memancing sinergitas antar lintas sektor untuk membangun berbagai fasilitas yang diperlukan bagi kampung tersebut, lalu dilakukan kebutuhan apa yang ada disana melalui rembuk desa. Kita hanya membuat casing, tergantung kepala daerah ingin seperti apa kampung KB itu," kata Agus lagi.

Mantan Kepala BKKBN Sulawesi Tengah itu juga mengatakan untuk membangun kampung KB tidak ada yang bisa berdiri sendiri namun harus dilakukan kerjasama antar berbagai pihak. Selain itu katanya BKKBN Perwakilan Provinsi Riau ditahun 2017 menargetkan akan membangun 163 kampung KB sebagai bentuk implementasi Nawa Cita ketiga agenda prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo.(red/gun)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
APBD Meranti 2024 Disahkan Rp 1,3 Triliun
Rabu, 29 November 2023 | 18:49
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top