• Home
  • Meranti
  • 10 Atlet SOIna Meranti Wakili Riau Pada Pornas SOIna VIII 2018

10 Atlet SOIna Meranti Wakili Riau Pada Pornas SOIna VIII 2018

Selasa, 15 Agustus 2017 | 21:32
KET FOTO: Wabup Said Hasyim foto bersama atlet SOIna Kepulauan Meranti, di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selasa (15/8/2017)
SELATPANJANG, RIAUGREEN.COM - Sebanyak 10 atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Kepulauan Meranti yang meraih medali emas pada perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) V yang digelar SOIna Riau di Pekanbaru beberapa waktu lalu dipastikan akan mewakili dan memperkuat kontingen Propinsi Riau pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VIII Special Olympics Indonesia (SOIna) 2018 mendatang.

Selain itu SOIna Meranti menempatkan atletnya untuk menjadi utusan Indonesia pada kejuaraan tingkat internasional (Special Olimpics World Summer Games) di Dubai pada 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Pengcab SOIna Kepulauan Meranti, Syafrizal ketika bertemu ramah wakil bupati Kepulauan Meranti bersama atlet SOIna di ruangannya, Selasa (15/8/2017) siang.

Dalam penyampaiannya, ketua Pengcab SOIna itu mengatakan bahwa pihaknya sangat mengharapkan dukungan pemerintah daerah dalam hal ini pendanaan untuk membina atlet penyandang Disabilitas intelektual tersebut.

Permintaan itu bukan tanpa dasar, hal ini dikatakannya karena atlet tunagrahita itu selalu membanggakan Kabupaten Kepulauan Meranti dalam setiap event yang diikuti. 

Keberhasilan ini pula tak luput dari  medali emas yang terus di  sumbangkan oleh atlet asal Kabupaten Kepulauan Meranti itu. Seperti 15 medali emas yang diraih SOIna Riau padaPekan Olahraga Nasional (Pornas) Special Olympic Indonesia (SOIna) VII di Makassar yang digela 2014 yang lalu, atlet SOIna Meranti juga turut menyumbangkan 4 medali emas.

"Ini prestasi yang sangat membanggakan, anak-anak para penyandang tuna grahita bisa berprestasi dan mengharumkan nama daerah," kata Syafrizal.

Kepala SLB Desa Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat itu juga mengatakan kepastian itu diterimanya setelah pengurus SOIna Propinsi Riau meminta data atlet yang menyabet medali emas pada Porda SOIna beberapa waktu lalu untuk mengikuti training center dan memperkuat kontingen Propinsi Riau.

"Para atlet ini akan mengikuti training center di Pekanbaru satu bulan lamanya, untuk itu kami mengharapkan dukungan pemerintah daerah dalam hal mengakomodir kebutuhan mereka dan keluarga. Untuk diketahui sebagian dari mereka sudah menjadi tulang punggung bagi keluarga, karena ayah mereka yang sudah tiada, untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan moril bagi mereka dan keluarga untuk mencukupi kebutuhan hidup," kata Syafrizal.

Kedepannya SOIna Kepulauan Meranti akan menjaring atlet penyandang tunagrahita lebih banyak lagi dengan melakukan seleksi di setiap kecamatan.

Menanggapi hal itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim mengapresiasi atlet-atlet peraih Medali yang telah mengharumkan nama Meranti tersebut, menurutnya atlet tersebut sudah seharusnya diberikan fasilitas yang mereka harapkan.

"Terima kasih semua para atlet-atlet SOIna Meranti yang sudah mengharumkan nama baik Kabupaten  dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) V di Pekanbaru lalu. Dan kami selaku pihak Pemerintah Daerah mengapresiasi sekali atas titik jerih kalian, '' ungkap Said Hasyim ketika bertemu di ruang kerjanya bersama para Atlet-atlet SOIna Meranti. 

Wabup juga berharap, untuk kedepannya para atlet SOIna agar bisa meningkatkan proses latihan. Sehingga mampu menghadapi perlombaan ditingkat yang lebih tinggi.

''Mudah-mudahan para atlet-atlet ini bisa baik lagi untuk ke depan. Dan kita tetap mendukung para atlet-atlet SOIna Kepulauan Meranti," katanya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Disparpora, Drs H Ismail Arsyad melalui Kabid Pemuda dan Olahraga, Rayan Pribadi SH mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi sekali atas keberhasilan rekan-rekan atlet.

''SOIna sebanyak empat cabor ini sudah terpilih mewakili provinsi untuk tingkat nasional yakni Pornas pada bulan Januari mendatang di Pekanbaru.Untuk itu mereka akan kita fasilitasi segala kebutuhan sesuai intruksi wakil bupati, '' ujarnya 

Untuk diketahui, prestasi membanggakan diraih atlet-atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Meranti pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) V beberapa waktu lalu dengan menyabet medali emas yang disumbangkan dari empat cabor yakni lari sprint 100 meter Sepakbola Kelimaan, Badminton, dan Bocce. Sedangkan satu perunggu disumbangkan dari Bocce dan satu perak disumbangkan cabor lari sprint 200 meter.

Pada Porda yang mempertandingkan tujuh cabang olahraga tersebut diikuti seluruh kabupaten/kota di Propinsi Riau. Kepulauan Meranti hanya mengikuti empat cabor yang dipertandingkan. Atlet yang diturunkan untuk 4 cabor  tersebut 11 atlet yang didampingi 3 official dan satu panitia.

Adapun atlet SOIna Kepulauan Meranti yang memperkuat kontingen Propinsi Riau antara lain cabang olahraga Badminton, Alexli Francius, sepakbola kelimaan, Alex Iskandar, Ajes, Suhardi Ujang Asmara, Aidil Saputra, Arisno, Mansur, cabor Bocce, Siti Saadah dan lari sprint 100 meter, Mulyadi.(rls/gun)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
APBD Meranti 2024 Disahkan Rp 1,3 Triliun
Rabu, 29 November 2023 | 18:49
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top