• Home
  • Meranti
  • Penyaluran Terakhir, PCMI Bersama Gempita dan Meranti Mengajar Sambangi Desa Tanjung Darul Takzim

Penyaluran Terakhir, PCMI Bersama Gempita dan Meranti Mengajar Sambangi Desa Tanjung Darul Takzim

Sabtu, 17 Juni 2017 | 22:03
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) bekerjasama dengan Gerakan Masyarakat Peduli dan Cinta Nusantara (Gempita) dan Meranti Mengajar membagi pakaian layak pakai ke masyarakat kurang mampu. Penyaluran bantuan terakhir hasil pengumpulan selama ramadhan ini dilaksanakan di Desa Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebingtinggi Barat, Sabtu (17/6/17) sore.

Hasil sumbangan berupa pakaian dari masyarakat itu dibagikan di empat titik se Kepulauan Meranti yakni di Kapas Desa Alai Selatan, Desa Sesap, Desa Gogok dan Desa Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Setelah melakukan pengumpulan pakaian layak pakai dari awal ramadhan hingga 10 Juni 2017, langsung dilakukan pendistribusian pada Selasa (13/6/17) hingga Jumat (16/6/17), namun karena berhalangan cuaca yang tidak mendukung, pendistribusian terpaksa ditunda dan kembali dilakukan pada sabtu (17/6/17) sore.

Ketua Meranti Mengajar, Muhammad Basiruddin alias Mas Bas, mengatakan mulai dari awal ramadhan pihaknya telah mempromosikan kegiatan tersebut lewat media elektronik maupun media sosial hingga 10 Juni 2017.

"Setelah sampai batas waktu yang telah disepakati bersama, kita stopkan menampung atau menerima pakaian layak pakai dari masyarakat untuk diserahkan ke empat titik yang telah ditentukan berdasarkan hasil survei sebelumnya," ujarnya.

Sementara uang tunai yang diterima, tidak diserahkan ke masyarakat. Karena nominalnya tidak banyak, maka sumbangan uang tunai tersebut dibelikan barang berupa mukena dan kain sarung.

"Selain kita menerima pakaian kita juga terima mukena dan uang tunai, namun ada juga beberapa masyarakat memberi uang tunai, tapi karena nominalnya tak begitu banyak kita belikan aja mukena dan kain sarung lalu dibagikan ke masyarakat kurang mampu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana yang juga merupakan Koordinator lapangan T Natasya Ilma, menambahkan untuk sasaran penerima, mereka terlebih dahulu berkoordinasi dengan kepala desa terkait. Data-data dari desa kemudian dicocokkan dengan hasil survei lapangan. "Agar tepat sasaran, kita telah survei ke lokasi pembagian," ungkap anggota PCMI Kepulauan Meranti itu.

Dalam kesempatan yang sama, wakil Gempita Zulfahmi berharap bantuan dari hasil sumbangan masyarakat tersebut bisa membantu meringankan beban yang membutuhkan tersebut.

"Meski bantuan ini tak seberapa, kami harap bisa sedikit membantu beban hidup saudara-saudara kita itu. Semoga makin banyak pihak lain tergerak hatinya untuk saling berbagi," harap laki-laki yang akrab disapa Pak Usu.

Lanjut Pak Usu, harapan kami kemudahan bisa membantu masyarakat ekonomi dibawah rata-rata dan masyarakat suku asli (suku akit) kita juga berharap bahwa ini sebagai motivasi bagi komunitas dan organisasi lainnya untuk juga mau berpartisipasi dan kami juga membuka tangan selebar lebarnya bilamana komunitas dan organisasi lainnya mau bergabung bersama-sama, khususnya pemuda pemudi di Kepulauan Meranti.

Untuk diketahui, penyaluran bantuan di Desa Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebingtinggi Barat dilakukan langsung oleh pihak PCMI, Gempita dan Meranti Mengajar, serta disaksikan langsung oleh Kepala Desa Tanjung Darul Takzim Basri Rasyid. (gun)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top