• Home
  • Meranti
  • Wadah Edukasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat
Wadah Edukasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Wadah Edukasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Jumat, 28 April 2017 | 19:26
Foto humas pemkab meranti
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, Melounching pengoperasian Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Meranti, kegiatan yang dilakukan serentak di 34 Provinsi Se-Indonesia dalam menyediakan wadah edukasi Pemilu kepada pemilih tersebut dipusatkan di Kantor KPU Kepulauan Meranti, Selatpanjang, Jumat (24/4/17).

Pengoperasian Rumah Pintar KPU Meranti yang diketahui merupakan Lounching Ke-8 dari 12 Kabupaten Kota, ditandai dengan pembukaan selubung dan pemotongan pita Rumah Pintar Pemilu KPU Kepulauan Meranti oleh Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM didampingi Ketua KPU Riau dan jajaran Komisioner, Forkopimda dan lainnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kepulauan Meranti H. Fauzy Hasan, Ketua KPU Meranti Yusli SE, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, Asisten III Sekdakab. Meranti H. T. Akhrial, Asisten I Sekdakab. Meranti Azza Fahroni, Ketua MUI Meranti Ustad Mustafa, perwakilan Kejaksaan, Koramil, Polres dan tamu lainnya.

Salah satu hal yang penting bagi KPU selaku penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) adalah tingkat partisipasi masyarakat, dan sudah menjadi kewajiban KPu untuk terus meningkatkan partisipasi itu sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dunia demokrasi di Indonesia.

Mengacu pada hal itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, menyambut baik program Rumah Pintar Pemilu yang baru saja dioperasikan, diharapkan Rumah Pintar ini dapat benar-benar berfungsi sebagai wadah edukasi pemilih, kualitas Pemilu yang diukur dari tingginya partisipasi masyarakat terus meningkat khususnya dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur kedepan. "Saya berharap, Rumah Pintar Pemilu ini menjadi wadah sosialisasi yang mampu mengedukasi masyarakat sehingga menumbuhkan kesadaran untuk melaksanakan hak pilihnya sehingga harapan KPU akan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan hak pilihnya dapat terwujud," ujar Sekda.

Tak lupa Sekda juga mengajak masyarakat jangan menyia-nyiakan hak pilihnya dalam Pilgubri mendatang. "Kepada masyarakat gunakanlah hak pilihnya semoga penyelenggaran Pilgubri mendatang terlaksana sesuai harapan," pungkasnya.

Senada dengan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Ketua KPU Provinsi Riau Nur Amin, menjelaskan Lounching Rumah Pintar Pemilu KPU itu merupakan agenda Nasional yang serentak dilaksanakan di 34 Provinsi Se-Indonesia. Pengoperasian Rumah Pintar ini sebagai wadah edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sebelum memberikan hak pilihnya. "Di Rumah Pintar Pemilu, masyarakat pemilih akan memperoleh pengetahuan tentang Pemilu mulai dari Aspek Historis hingga pelaksanaan dan lainnya, tujuannya agar masyarakat melek politik, melek demokrasi dan mau menggunakan hak pilihnya," ujar Nur Amin. 

Nur Amin juga menyinggung pentingnya Pemilu dalam sebuah negara demokrasi, menurutnya tanpa Pemilu peralihan kekuasaan secara normal tidak akan terjadi, jadi bukti demokrasi pemilihan pemimpin negara dapat berjalan baik harus melalui proses kepemiluan. Dan kualitas suksesnya sebuah pemilu diukur dari tingkat partisipasi masyarakat. "Jika jumlah pemilih 70 sampai 100 persen berarti partisipasi sangat baik dan 50 persen kebawah berarti sangat rendah," jelas Ketua KPU Riau. 

Besar harapan KPU Riau dengan beroperasinya Rumah Pintar Pemilu KPU Meranti, melalui Rumah Pintar Pemilu diharapkan dapat mengedukasi masyarakat bagaimana melaksanakan pemilu dengan baik dan Jurdil, tidak ada keterpaksaan seperti Money Politik dan lainnya," Harap Nur Amin.

Dengan telah beroperasinya Rumah Pintar Pemilu KPU Meranti tinggal lagi memfungsikannya, caranya dengan membuat program sederhana yang tidak terlalu rumit seperti mengundang para tokoh untuk berdiskusi segala sesuatu tentang pemilu. "Semoga Rumah Pintar Pemilu bermanfaat dan angka partisipasi masyarakat di Meranti pada Pilgubri mendatang meningkat," ucap Nur Amin mengakhiri. (hms/gun)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top