BEIJING, MAINLAND CHINA – Media OutReach – Komunitas bisnis yakin akan prospek ekonomi dan bisnis China daratan pada tahun 2022, menurut survei baru oleh CPA Australia, salah satu badan akuntansi profesional terbesar di dunia. Temuan menunjukkan bahwa China daratan akan terus memainkan peran penting dalam mendorong pemulihan ekonomi global.

CPA Australia mewawancarai 210 profesional keuangan, akuntansi, dan keuangan China tentang prospek ekonomi dan kepercayaan bisnis China daratan pada tahun 2022. Hasil survei menunjukkan bahwa 69% responden memperkirakan PDB China daratan mencapai pertumbuhan 5% atau lebih pada tahun 2022.

83% responden memperkirakan profitabilitas perusahaan mereka meningkat atau tetap tidak berubah pada tahun 2022. Di antaranya, 47% responden memperkirakan pendapatan perusahaan tumbuh sebesar 2% atau lebih. Selain itu, 49% responden memperkirakan jumlah karyawan perusahaan mereka di China akan meningkat.

“Responden umumnya optimis tentang pertumbuhan ekonomi yang stabil pada tahun 2022. Kepercayaan komunitas bisnis terutama disebabkan oleh epidemi yang efektif. pencegahan dan pengendalian di China daratan, serta regulasi kebijakan pemerintah pada tahun 2022. Serangkaian langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil telah dilaksanaka,” jelas Kevin Ng FCPA (Aust.), Anggota Komite Cina Utara CPA Australia, dalam keterangannya, Jumat (21/1/2022).

“Namun meningkatnya risiko ketidakpastian ekonomi global, terulangnya pandemi dan serangkaian tantangan besar, seperti potensi hambatan perdagangan internasional, masih akan berdampak buruk bagi banyak perusahaan, terutama perusahaan kecil dan mikro yang menghadapi tekanan biaya,” urainya.

“Oleh karena itu, serangkaian tindakan bantuan yang ditargetkan pemerintah baru-baru ini untuk usaha kecil dan mikro sangat tepat waktu, seperti memperkuat dukungan pinjaman inklusif dan serangkaian tindakan pengurangan pajak dan biaya, yang semuanya akan membantu mengurangi beban fiskal dan biaya pembiayaan yang lebih rendah untuk mereka,” pungkasnya.

Mencerminkan upaya untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang dan tetap berada di depan gangguan teknologi, 59% responden berpikir perusahaan mereka akan meningkatkan investasi ke teknologi baru dan 47% mengharapkan transformasi digital akan menjadi fokus strategis utama perusahaan mereka pada tahun 2022. Selain itu, 88% responden mengharapkan perusahaan mereka akan melakukan inisiatif lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) tahun ini.

Berdasarkan hasil survei ini, CPA Australia juga memberikan enam rekomendasi untuk perusahaan China daratan:

  1. Manfaatkan kebijakan preferensial yang ada dengan baik untuk mencapai perluasan pasar. Misalnya, pertimbangkan untuk melakukan diversifikasi dan perluasan bisnis di Greater Bay Area.
  2. Mengintegrasikan strategi pembangunan jangka menengah dan panjang dan mengalokasikan sumber daya secara wajar di seluruh investasi R&D jangka pendek, menengah dan panjang di wilayah yang ditargetkan.
  3. Menetapkan strategi atau kerangka kerja ESG jangka panjang untuk memperjelas tanggung jawab terkait ESG dari berbagai unit bisnis.
  4. Meninjau secara berkala untuk terus meningkatkan kepatuhan pajak dan sistem pengendalian internal di dalam perusahaan.
  5. Mempertimbangkan peluang pasar, risiko permodalan, dan risiko tata kelola perusahaan berdasarkan karakteristik industri tempat perusahaan beroperasi dan strategi bisnisnya sendiri.
  6. Fokus pada pengembangan, peningkatan, dan pelatihan ulang aplikasi teknologi dan kemampuan inovasi talenta untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Silahkan unduh laporan: Mainland China Economic and Business Sentiment Report 2022