• Home
  • MediaOutReach
  • Laporan Coface: Amerika Serikat Memimpin Pemulihan Ekonomi Global, Sementara Negara-negara Berkembang Tertinggal

Laporan Coface: Amerika Serikat Memimpin Pemulihan Ekonomi Global, Sementara Negara-negara Berkembang Tertinggal

Jumat, 07 Mei 2021 | 11:29

HONG KONG SAR, RIAUGREEN.COM – Media OutReach – Sejak pandemi Covid-19 berjalan lebih dari setahun, situasi ekonomi global tidak merata karena ketidakpastian penyebaran epidemi. Mempercepat proses vaksinasi dan efektivitas vaksin adalah kunci pemulihan ekonomi. Dalam konteks ini, pemulihan ekonomi di berbagai industri dan wilayah masih belum pasti. Demikian menurut laporan risiko perdagangan terbaru yang dirilis oleh pemimpin asuransi kredit, Coface.

Seperti yang dinyatakan dalam laporan tersebut, Coface percaya bahwa pemulihan ekonomi akan dipercepat mulai musim panas 2021, ketika populasi yang cukup di Amerika Serikat dan Eropa akan divaksinasi. Namun karena kekurangan bahan baku tertentu dan pembatasan ekspor, terutama pembatasan pasokan pada produsen, kemajuan vaksinasi menjadi tertunda.

Namun demikian, karena pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan di Amerika Serikat, Coface telah menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi globalnya sebesar 0,5% (+ 5,1% untuk 2021). Karena prospek ekonomi makro yang positif, Coface menaikkan peringkat 35 industri dan hanya menurunkan peringkat 3 industri.

Selain Amerika Serikat, sektor ekonomi global lainnya, seperti industri dan perdagangan global, kemungkinan besar akan kembali ke level sebelum krisis musim panas ini. Namun, perekonomian Eropa secara keseluruhan relatif tertinggal di bidang lain, terutama industri jasa, dan industri yang membutuhkan kontak fisik dengan pelanggan. Akhirnya, kenaikan inflasi di beberapa negara berkembang utama menghambat pemulihan mereka, yang memaksa bank sentral untuk mengetatkan kebijakan moneter.

Ekonomi AS memasuki mode "tekanan tinggi"

Sejak awal 2021, meski menghadapi banyak masalah kesehatan yang tidak menentu, cukup menggembirakan bahwa situasinya beralih ke sisi positif.

Kesenjangan pertumbuhan antara Zona Euro dan Amerika Serikat tidak melebihi ekspektasi, terutama pada fase pemulihan. Sebagian alasannya adalah lemahnya mekanisme stabilisasi otomatis di Amerika Serikat, yang telah mempercepat penyesuaian lapangan kerja dan pendapatan.

Namun kali ini, alasan kesenjangan dalam pertumbuhan ekonomi antara Amerika Serikat dan Eropa berbeda: Pada tahun 2020 dan awal 2021, Amerika Serikat memiliki batasan yang lebih longgar pada pergerakan orang daripada Zona Euro, dan kecepatan penyebaran vaksin juga lebih cepat. Perbedaan kebijakan ekonomi juga dapat menjelaskan kinerja ekonomi AS yang lebih baik.

Federal Reserve A.S. telah meningkatkan rilis neracanya. Pada tahun 2020, rencana pembelian asetnya akan meningkat menjadi sekitar 13% dari PDB, dibandingkan dengan 9% dari Bank Sentral Eropa (ECB). Terakhir, dan yang terpenting, dukungan finansial yang lebih besar akan memungkinkan ekonomi AS pulih ke tingkat PDB sebelum krisis dengan lebih cepat.

Pada bulan Maret 2021, Amerika Serikat mengesahkan babak baru program bantuan ekonomi senilai USD 1,9 triliun, yang menjadikan total stimulus fiskal sebagai tanggapan terhadap krisis menjadi 27% dari PDB, melebihi skala bantuan ekonomi di negara maju lainnya. Coface memperkirakan defisit anggaran publik mungkin lebih tinggi sekitar USD 56 miliar daripada tanpa rencana stimulus ekonomi.

Tujuan dari strategi ini adalah untuk membawa "tekanan tinggi" ke ekonomi AS, yaitu, untuk menerapkan kebijakan moneter dan fiskal ekspansif untuk mendorong mereka yang paling kecil kemungkinannya untuk dipekerjakan (pengangguran jangka panjang atau tidak aktif karena keputusasaan, keterampilan rendah orang dan kategori populasi yang menderita diskriminasi dalam perekrutan).

Zona Euro: Masalah kebangkrutan perusahaan yang tersembunyi

Zona Euro kemungkinan tidak akan kembali ke level PDB sebelum krisis sebelum 2022. Jika pembatasan utama pergerakan orang dicabut sebelum akhir musim panas, dan langkah-langkah bantuan komersial dihapuskan, ini dapat menyebabkan peningkatan tingkat pengangguran. Selain itu, pinjaman yang dijamin oleh pemerintah dapat menyebabkan peningkatan hutang perusahaan, yang akan membatasi kemampuan perusahaan untuk berinvestasi.

Sejauh ini, langkah-langkah bantuan pemerintah utama yang diterapkan pada tahun 2020 belum dibatalkan. Meskipun bantuan pemerintah memiliki efek stabilisasi tertentu, kesehatan keuangan perusahaan akan memburuk secara signifikan pada tahun 2020, yang biasanya mengarah pada peningkatan jumlah kebangkrutan. Menurut Coface, kasus kebangkrutan di Spanyol meningkat 19% pada tahun 2020, Italia meningkat 7%, serta Prancis dan Jerman meningkat 6%. Coface memperkirakan bahwa pada 2019, jumlah kebangkrutan tersembunyi di Prancis menyumbang 44% dari total jumlah kebangkrutan yang tercatat, sedangkan di Italia, Spanyol, dan Jerman masing-masing adalah 39%, 34%, dan 21%.

Negara berkembang: kenaikan inflasi memaksa bank sentral untuk mengetatkan kebijakan moneter

Menurut perkiraan yang dikeluarkan oleh Dana Moneter Internasional pada bulan April 2021, dibandingkan dengan negara-negara maju, negara-negara berkembang akan lebih terpengaruh oleh krisis saat ini.

Pada tahun 2024, PDB negara berkembang akan menjadi 4% lebih rendah daripada tanpa krisis COVID-19. Untuk negara maju, kesenjangan ini hanya akan 1% (dibandingkan dengan 10% setelah krisis keuangan global). Ada beberapa alasan untuk kesenjangan yang diharapkan ini antara pemulihan ekonomi matang dan ekonomi berkembang.

Pertama-tama, kemajuan vaksinasi di negara-negara maju lebih maju, bahkan jika beberapa negara berkembang berada di jalur yang benar, seperti Uni Emirat Arab, Chili, dan Turki dan Maroko, yang tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi, dimana setidaknya 10% Orang telah divaksinasi penuh sebelum 8 April. Selain beberapa negara ini, Amerika Serikat dan Eropa telah membeli sebagian besar vaksin, yang berarti lebih sedikit vaksin yang tersedia di negara lain. Empat negara utama penghasil vaksin (Cina, Amerika Serikat, Eropa Barat, dan India), semakin bersedia untuk menerapkan kontrol ekspor vaksin. Misalnya, sejak jumlah orang yang terinfeksi di India telah melonjak sejak awal Maret, negara tersebut telah mengumumkan akan menghentikan sementara ekspor vaksin untuk memprioritaskan penyelesaian vaksinasi di negara tersebut.

Selain ketidakpastian tersebut, sektor ekonomi di banyak negara berkembang , terutama pariwisata dan transportasi, juga mengalami pukulan paling parah.

Namun, sisi positifnya, kenaikan harga minyak dan pertanian merupakan kabar baik bagi perekonomian yang terseret oleh jatuhnya harga penutupan tahun lalu. Selain itu, prospek optimisme konsumsi AS juga turut mendorong peningkatan ekspor, terutama ekspor barang konsumsi.

Di sisi lain, ekspansi defisit anggaran AS mendorong arus keluar modal dari pasar negara berkembang, karena penyesuaian atas prospek pertumbuhan PDB AS telah mendorong kenaikan suku bunga jangka panjang AS, mempersempit kesenjangan dengan mitra pasar berkembang, dan membuat yang terakhir kurang menarik bagi investor keuangan. Hal ini mengakibatkan depresiasi mata uang negara berkembang, terutama di Turki dan Brasil.

Laporan lengkap silahkan kunjungi link berikut.


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top