• Home
  • MediaOutReach
  • Cushman & Wakefield Rilis Studi Dampak Pasar Kantor Global Tahun 2020

Cushman & Wakefield Rilis Studi Dampak Pasar Kantor Global Tahun 2020

Selasa, 20 Oktober 2020 | 12:01

HONG KONG, CHINA, RIAUGREEN.COM - Media OutReach – Cushman & Wakefield, sebuah perusahaan jasa dan konsultan real estat terkenal di dunia, baru-baru ini merilis laporan penelitian pertamanya tentang dampak pasar perkantoran global, meramalkan Fundamental sewa kantor global akan sangat dipengaruhi oleh resesi ekonomi yang disebabkan oleh Pandemi COVID-19 dan tren bekerja dari rumah, tetapi pasar akan berangsur-angsur membaik pada tahun 2022 dan pulih sepenuhnya pada tahun 2025.

Garis waktu untuk pemulihan penuh konsisten dengan masa Depresi Hebat, tetapi di bawah pengaruh tren bekerja dari rumah, itu akan sedikit tertinggal. Laporan penelitian ini ditulis oleh lembaga pemikir global perusahaan yang baru didirikan. Tim ini terdiri dari peneliti senior dan ekonom dari seluruh dunia. Penelitian ini menganalisis perubahan siklis dan struktural yang memengaruhi pasar perkantoran global dan dampaknya terhadap pemulihan.

"Kami telah menganalisis secara menyeluruh dan ilmiah dampak pandemi pada dasar-dasar pasar perkantoran, dan mencoba menemukan jawaban untuk masa depan pasar perkantoran. Masing-masing tim mempelajari pengaruh faktor-faktor secara komprehensif, termasuk pengangguran, tingkat kekosongan kantor, tingkat sewa, karakteristik geografis, dan kelanjutan tren bekerja dari rumah, memberikan pandangan masa depan dan memprediksi bahwa pasar perkantoran global pada akhirnya akan mengantarkan pemulihan penuh. Tentu saja real estate memiliki sifat lokal yang kuat, tidak setiap pasar lokal akan menuju jalur pemulihan yang sama," tutur Kevin Thorpe kepala Ekonom dan Penelitian Global Cushman & Wakefield, dalam keterangan yang diterima, Senin (19/10/2020).

Temuan utama dari Studi Dampak Kantor Global 2020 adalah bahwa ekonomi dan lapangan kerja diperkirakan akan pulih pada kuartal pertama tahun 2022, permintaan akan ruang kantor akan meningkat, tingkat kekosongan akan menurun, dan harga sewa akan mulai meningkat. Pada tahun 2025, tingkat lowongan kantor global diharapkan kembali ke tingkat sebelum krisis, sekitar 11%, dan harga sewa juga akan kembali ke tingkat tertinggi sebelum krisis.

"Meskipun dampak dari tren bekerja dari rumah akan memperlambat pemulihan pasar perkantoran, perkembangan keseluruhan ruang kantor juga akan melibatkan faktor lain, termasuk aglomerasi, budaya/branding. Dan produktivitas, ini semua menunjukkan bahwa gedung perkantoran akan terus memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi. Melalui penelitian ini, kami menggunakan bukti, data, dan analisis ilmiah yang relevan untuk melakukan penelitian mendalam tentang pasar yang tidak pasti," imbuh Rebecca Rockey, Kepala Global Forecasting optimis.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa dibandingkan dengan bagian lain dunia, meningkatkan kerja fleksibel dan bekerja dari rumah belum menjadi arus utama di kawasan Asia Pasifik dan diperkirakan tidak akan berdampak banyak pada pasar perkantoran. Dalam jangka pendek, pasokan gedung perkantoran di Hong Kong akan didorong oleh kebutuhan relokasi perusahaan karena alasan penghematan biaya.

"Jika vaksin Covid-19 tersedia pada pertengahan 2021, kami berharap pasar akan mendapatkan kembali momentum positif di paruh kedua. Aktivitas sewa guna kemungkinan besar untuk berkonsentrasi dalam pengembangan baru mendatang yang menawarkan spesifikasi kualitas tinggi dan persyaratan komersial yang menarik untuk pra-komitmen. Beberapa pengembangan utama termasuk Two Taikoo Place (Swire Properties) di Quarry Bay, AIRSIDE (Nan Fung Group) di Kai Tak, 98 How Ming Street (Properti Sun Hung Kai) di Kwun Tong dan 91 King Lam Street (Pembangunan Dunia Baru) di Cheung Sha Wan akan menarik minat penyewa yang signifikan. Melihat hal ini, Cushman & Wakefield memprediksi penyerapan bersih kantor Grade A kota akan kembali ke tingkat positif pada tahun 2022, sebesar sekitar 1,1 juta kaki persegi," tambah Keith Hemshall, Direktur Eksekutif & Kepala Layanan Kantor Cushman & Wakefield, Hong Kong.

Namun, dari perspektif pemilik perkantoran, perkiraan pasokan baru seluas 3,8 juta kaki persegi untuk tahun 2022 akan menjadi rekor total tahunan tertinggi dan akan memberikan tekanan penurunan yang signifikan pada harga sewa. "Meskipun perkiraan penerimaan positif pada tahun 2022 dan 2023, pemilik perkantoran di kota kemungkinan akan mendapat tekanan yang meningkat karena perkembangan baru berskala besar yang masuk. Kami memperkirakan rata-rata sewa keseluruhan di Greater Central turun 25-30% dan 32-37% antara Kuartal ketiga 2020 dan Kuartal keempat 2023 sebelum mencapai titik terendah di 2024," tutup Eric Chong, Associate Director of Research Hong Kong, di Cushman & Wakefield.

Studi Dampak Kantor Global 2020 merupakan laporan pertama dari serangkaian studi. Seri ini terdiri dari empat bagian, memberikan wawasan baru dan mendalam tentang prospek pasar kantor di masa depan dan perannya dalam lingkungan pasca pandemi. Laporan lengkap dapat dibaca disini.


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top