• Home
  • MediaOutReach
  • Kodifikasi Hukum Penetapan Harga Transfer Hong Kong Menurut Cheng & Cheng Taxation Services

Kodifikasi Hukum Penetapan Harga Transfer Hong Kong Menurut Cheng & Cheng Taxation Services

Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:06

HONG KONG, RIAUGREEN.COM  Media OutReach – Hong Kong adalah salah satu yurisdiksi pajak terbaru yang menyusun undang-undang penetapan harga transfernya sendiri, dengan tahun 2020 menjadi tahun pertama bagi beberapa perusahaan Hong Kong untuk menyiapkan dokumentasi harga transfer.

Terkenal sebagai salah satu yurisdiksi tarif pajak terendah, dan untuk lingkungan bisnis yang konduktif, Hong Kong adalah tempat di mana perusahaan multinasional (MNC) cenderung mengalokasikan lebih banyak keuntungan untuk menurunkan tarif pajak efektif grup secara keseluruhan. Departemen Pendapatan Dalam Negeri (IRD) Hong Kong pasti menyambut baik ini. Namun, dengan penerapan Pertukaran Informasi Otomatis (AEOI), pengajuan pajak yang dikirimkan ke IRD dapat dibagikan dengan otoritas pajak lainnya. Dengan demikian, kebijakan penetapan harga transfer MNC harus menyeimbangkan kepentingan semua otoritas pajak yang relevan, tidak terbatas pada IRD. Henry Kwong, Mitra Pajak Cheng & Cheng Taxation Services mengatakan "MNC tidak boleh mengabaikan pentingnya Hong Kong dalam Kebijakan Harga Transfer mereka, dari perspektif kepatuhan dan perencanaan pajak. "

Sebelumnya ada saat-saat di mana grup mengorbankan Hong Kong dalam kebijakan harga transfer mereka. Namun, dengan berlakunya hukum harga transfer pada Juli 2018, penyesuaian pajak sekarang dapat dilakukan untuk entitas Hong Kong dengan tingkat keuntungan yang kurang dari wajar. Lebih penting lagi, penalti hingga jumlah pajak yang kurang dibebankan dapat dikenakan jika tidak ada dokumentasi harga transfer yang tepat.

Meneybabkan kerugian besar pada entitas Hong Kong selama resesi

Karena perang perdagangan AS – China dan pandemi Covid-19, tahun 2020 tidak diragukan lagi akan menjadi tahun yang sulit bagi MNC. Ini bisa sangat memusingkan bagi spesialis pajak internal untuk menerapkan kebijakan harga transfer mereka karena margin keuntungan keseluruhan grup turun. Karena grup telah mengadakan pengaturan harga di muka atau perjanjian informal dengan otoritas pajak di yurisdiksi operasi lain, mereka mungkin masih harus menetapkan persentase tertentu dari margin keuntungan ke yurisdiksi tersebut, meskipun keuntungan anjlok. Di masa lalu, sebuah grup tidak memiliki pilihan lain selain mengalokasikan kerugian besar ke entitas grup Hong Kong. Hal ini sekarang tidak mungkin karena IRD kemungkinan besar akan memberlakukan penyesuaian harga transfer dan tidak akan menerima kerugian.

Hong Kong sebagai pusat pengumpulan dan pembayaran

Perusahaan Hong Kong biasanya ditentukan oleh "pusat pengumpulan dan pembayaran" dari sebuah grup untuk mengumpulkan dan melakukan pembayaran atas nama perusahaan grupnya di yurisdiksi lain untuk menghindari pembatasan kontrol valuta asing. Dari perspektif akuntansi, transaksi ini dapat dibukukan sebagai penjualan dan biaya penjualan tanpa markup apa pun. Transaksi impas ini menurunkan margin laba operasi keseluruhan dari entitas Hong Kong meskipun ada efek "nihil" pada jumlah keuntungan mutlak. Namun, marjin laba keseluruhan perusahaan yang lebih rendah dapat memicu perhatian otoritas pajak, terutama ketika margin lebih rendah dari rata-rata industri.

Pentingnya dokumentasi harga transfer yang tepat di Hong Kong

Seperti di yurisdiksi lain, dokumentasi harga transfer di Hong Kong terdiri dari Master File, File Lokal dan Pelaporan Country-by-Country (CbC). Sementara mengikuti ambang bersama pendapatan terkonsolidasi grup sebesar 750 juta Eouro untuk laporan CbC, ambang batas untuk Master File adan nd Lokal File di Hong Kong agak rumit (lihat Tabel 1). Dalam hal ini, perusahaan akhir tahun Maret harus menyiapkan dokumen Master File dan File Lokal pertama mereka tahun lalu, sedangkan 30 September 2020 adalah tanggal jatuh tempo bagi korporasi akhir tahun Desember.

Tabel 1: Ambang Batas untuk Master File dan Local File


Kriteria (A): Berdasarkan ukuran bisnis (dua dari tiga di bawah)
Ambang Batas
(i)Total pendapatan tahunan> 400 Juta HKD
(ii)Total aset>  300 Juta HKD
(iii)Karyawan> 100 Orang

Kriteria (B): Berdasarkan transaksi pihak terkait (salah satu dari empat di bawah ini)Ambang Batas dalam Jumlah HKD
(i)Transaksi aset berwujud (tidak termasuk aset keuangan / aset tidak berwujud)> 220 Juta HKD
(ii)Transaksi aset keuangan>110 Juta HKD
(iii)Transaksi aset tak berwujud> 110 Juta HKD
(iv)Transaksi lainnya (Seperti Pendapatan biaya layanan)> 44 Juta HKD

Seperti disebutkan di atas, kegagalan untuk mempersiapkan dokumentasi yang tepat dapat memicu tidak hanya denda administratif, tetapi juga denda hingga jumlah pajak yang kurang ditagih dalam hal penyesuaian harga transfer. Lebih tepatnya, tidak ada kredit pajak yang akan diberikan di yurisdiksi pajak lain untuk denda tersebut.

Menerapkan logika yang sama, ada tren yang berkembang bagi MNC untuk mempersiapkan studi benchmarking, meskipun ukurannya tidak memenuhi ambang batas yang disyaratkan, karena alasan berikut:

Tantangan otoritas pajak

  • IRD semakin bersemangat meminta studi benchmark, bahkan jika korporasi tidak memenuhi ambang batas untuk menyiapkan dokumentasi transfer harga, terutama dalam kasus fluktuasi laba kotor yang tinggi.
  • Investigasi lapangan oleh IRD bisa menjadi proses yang menyiksa. Studi benchmark seringkali sangat membantu dalam mencapai kesepakatan penyelesaian, seperti dalam kasus kegagalan untuk mempertahankan catatan akuntansi yang tepat.

Nasihat pajak tentang perubahan operasional

  • Berkat tarif pajaknya yang rendah, Hong Kong masih menjadi tempat di mana banyak perusahaan lebih suka mengalokasikan lebih banyak keuntungan. Mengingat situasi global saat ini, banyak MNC sedang mempertimbangkan untuk memindahkan lokasi operasinya. Memanfaatkan peluang ini, mereka ingin sekali mendirikan substansi di Hong Kong untuk membenarkan alokasi keuntungan mereka.

Penawaran Umum Perdana di Hong Kong

Pihak berwenang sekarang biasanya meminta informasi transfer harga dari perusahaan yang ingin mendaftar di Bursa Efek Hong Kong.

Sebagai saran terakhir, dengan penerapan Common Reporting Standard (CRS) dan AEOI, otoritas pajak global lebih berniat menargetkan perusahaan asing yang beroperasi di yurisdiksi pajak lokal, biasanya berbentuk Permanent Establishment (PE). Sementara pendapat tentang keberadaan PE terus berlanjut, transfer harga adalah cara yang lebih disukai untuk menyelesaikan sengketa pajak PE. Dengan demikian, perusahaan multinasional harus meninjau operasi mereka saat ini dan memperbarui kebijakan harga transfer mereka untuk mengurangi risiko harga transfer mereka.

Artikel ini ditulis oleh Henry Kwong, Mitra Pajak Cheng & Cheng Taxation Services. Cheng & Cheng adalah salah satu dari 20 firma akuntansi teratas di Hong Kong, dengan lebih dari 300 staf di Hong Kong dan RRC. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang harga transfer di Hong Kong, atau mencari nasihat pajak dari pakar pajak kami, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email (henry.kwong@chengtax.com.hk) atau telepon (+852 3962 0114 ).


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top