• Home
  • MediaOutReach
  • UnionBank, Gubernur Bank Sentral Filipina dan MAS Fintech Berbicara Tentang Regulasi yang Transformatif dalam Sesi Webinar

UnionBank, Gubernur Bank Sentral Filipina dan MAS Fintech Berbicara Tentang Regulasi yang Transformatif dalam Sesi Webinar

Selasa, 07 Juli 2020 | 11:33

SINGAPURA, RIAUGREEN.COM  Media OutReach  Union Bank of Philippines (UnionBank) baru-baru ini mengadakan Obrolan api unggun webinar digital tentang "Perubahan Regulasi Regulatori untuk Mempercepat Inovasi" dengan Gubernur Bank Sentral Filipina Dr. Benjamin Diokno dan Kepala Otoritas Moneter Singapura (MAS) FinTech, Sopnendu Mohanty, acara ini dipandu oleh Wakil Ketua UnionBank Dr. Justo A. Ortiz.

Diskusi khusus selama satu jam menyentuh berbagai topik termasuk perbankan terbuka, sistem ID Nasional, blockchain dan mata uang digital bank sentral antara lain. Gubernur Diokno dan Mr. Mohanty juga membahas kerangka kerja regulasi di Filipina dan Singapura, menyoroti perlunya pendekatan ruang virtual ketika berhadapan dengan teknologi yang muncul.

"Regulasi dan inovasi – mereka terdengar seperti sebuah oxymoron. Untuk waktu yang lama mungkin memang demikian tapi itu tidak lama," kata Wakil Ketua UnionBank Justo Ortiz.

Ortiz membuka sesi dengan mengingat bagaimana kepatuhan dengan persyaratan peraturan membuka jalan bagi perjalanan transformasi UnionBank, menunjukkan bagaimana regulator sering dapat menjadi katalisator untuk inovasi. "Satu-satunya cara untuk menangani persyaratan kepatuhan secara berkelanjutan, cara yang efektif dan tepat waktu adalah mendigitalkan proses kami sehingga kami dapat memperoleh, menyimpan, akses dan laporkan data dalam berbagai pemotongan yang ingin dilihat oleh regulator, dan itu masuk ke dalam latihan perencanaan strategis," kata Ortiz.

Gubernur Bank Sentral Benjamin Diokno mengakui peran penting teknologi dalam merevitalisasi ekonomi di tengah krisis COVID-19 yang sedang berlangsung. Dia menekankan bahwa Bank Sentral memprioritaskan dukungan untuk bank dan lembaga keuangan sehingga ini dapat memberikan layanan keuangan kepada publik menggunakan teknologi inovatif.

Dengan ini, Gubernur berbagi tiga prinsip untuk menumbuhkan lingkungan yang kondusif bagi inovasi. Pertama, regulasi harus berbasis risiko, proporsional dan adil. Kedua, harus ada kolaborasi multi-stakeholder yang aktif. Terakhir, inovasi harus bermanfaat bagi konsumen, terutama yang paling rentan dan yang memanfaatkan layanan keuangan untuk pertama kalinya.

Selain itu, Gubernur Bank Sentral Diokno berbagi tinjauan tentang Roadmap Fintech Bank Sentral Filipina yang berfokus pada proporsionalitas regulasi berdasarkan profil risiko dan kepentingan sistemik. Dia juga membahas peningkatan kemampuan Bank Sentral melalui teknologi pengaturan dan pengawasan seperti AI dan analitik prediktif. Terakhir, ia menyoroti pentingnya kolaborasi terbuka antara regulator keuangan dan pemain fintech dan memberikan lingkungan "ujian dan pembelajaran" yang fleksibel untuk melibatkan dan mengawasi inovator fintech. I2i UnionBank, yang menghubungkan bank-bank pedesaan melalui jaringan berbasis blockchain, ditetapkan sebagai salah satu inisiatif sukses yang lahir dari tes Bank Sentral dan pendekatan pembelajaran.

Ketua MAS Fintech Sopnendu Mohanty berbagi pandangannya tentang seperti apa ekonomi pasca-COVID19 dan memberikan wawasan tentang apa yang harus diperhatikan oleh regulator untuk merespons dan beradaptasi dengan normal baru ini. Dia menyebutkan bahwa pandemi telah mempengaruhi bisnis dalam dua cara: pertama, ia menggeser fokus digitalisasi dari efisiensi dan produktivitas ke ketahanan dan keberlanjutan, dan kedua, mempercepat digitalisasi semua proses. Menurut Mohanty, normal digital baru ini akan membuat ekonomi lebih terbuka, terhubung dan dapat dioperasikan. Namun, regulator harus menerapkan kebijakan progresif agar hal ini terjadi.

Mohanty menekankan perlunya Infrastruktur Digital Nasional yang meletakkan dasar untuk kemampuan fintech seperti ID Nasional, eKYC dan fasilitas pembayaran tanpa batas. Dia juga mencatat perlunya pertukaran data tepercaya di tingkat nasional.

Komponen kunci lain dari ekosistem layanan keuangan yang terhubung adalah Application Programming Interfaces (APIs) Terbuka yang dapat diakses dan dipakai oleh lembaga keuangan dan fintech. Menurut Mohanty, ini adalah langkah pertama untuk membuka perbankan dan memungkinkan aksesibilitas data yang lebih mulus antar institusi, dengan demikian mengarah pada produk dan layanan keuangan yang lebih baik serta kesejahteraan inklusif.

Terakhir, Mohanty menggemakan prinsip-prinsip yang diangkat oleh Gubernur Diokno seperti perlunya pola pikir kolaboratif dan implementasi peraturan yang seimbang dan gesit. Dia juga mencatat bahwa lingkungan yang kondusif untuk eksperimen dan kolaborasi, disesuaikan dengan regulasi yang beradaptasi dengan skenario yang selalu berubah, dapat melahirkan inovasi transformatif yang menguntungkan ekonomi.

Obrolan api unggun adalah bagian dari seri webinar Union Up Tech 0-1-2-3 UnionBank, diselenggarakan bersama dengan Asosiasi Fintech Filipina, Teknologi Ledger Terdistribusi Filipina (DLTAP), Tech Up Filipina, Festival Fintech Filipina, UnionBank GlobalLinker, dan UBX.


BERITA LAINNYA
Tycoon Group Announces 2023 Annual Results
Jumat, 29 Maret 2024 | 09:16
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top